Dalih Presiden Rusia Vladimir Putin Serang Ukraina

Share this:
REUTERS/BMG
Sebuah kendaraan militer tampak melintas di jalanan pinggiran kota Donetsk, untuk memantau keadaan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina timur, Kamis (24/2/2022) malam waktu setempat.

Rusia Sedia Dialog, Jika Tentara Ukraina Menyerah

Sementara itu, Rusia menyatakan masih membuka pintu dialog dengan Ukraina. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, syarat utama pintu dialog terbuka adalah jika tentara Ukraina bersedia menyerah.

Hingga kini, militer Rusia telah bergerak hampir ke seluruh kota strategis Ukraina. Rusia mengklaim berhasil melumpuhkan 74 fasilitas militer Ukraina.

Pasukan Rusia juga telah menguasai fasilitas nuklir Chernobyl di Ukraina utara, salahsatu tempat terjadinya bencana nuklir paling parah di dunia.

Menurut keterangan Agensi Manajemen Zona Ekslusif, lembaga resmi Pemerintah Ukraina, militer Rusia telah menduduki situs nuklir sejak hari pertama invasi.

Amerika dan sekutu telah menjatuhkan sederet sanksi bagi Rusia. Meski demikian, Amerika menegaskan hingga kini tidak akan menerjunkan pasukan atau bantuan militer untuk membantu Ukraina melawan Rusia.

NATO juga belum memutuskan respon militer terkait konflik ini, salahsatunya karena Ukraina bukan anggota aliansi tersebut. Namun, negara-negara NATO, seperti Polandia, Estonia, Latvia, dan Lithuania telah menyuarakan memberlakukan Pasal 4 NATO terkait serangan Rusia ke Ukraina.

BacaIni Dua Kesalahan yang Bikin Trump Dimakzulkan

BacaFakta Terkait Varian Baru Covid-19 dari Inggris yang Bikin Gempar Dunia

Perkembangan terbaru hari ini, pasukan Rusia sudah bisa menembus ibukota Kiev. Pertempuran jalanan dikabarkan terjadi di kota terbesar di Ukraina itu.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: