Dalih Presiden Rusia Vladimir Putin Serang Ukraina

Share this:
REUTERS/BMG
Sebuah kendaraan militer tampak melintas di jalanan pinggiran kota Donetsk, untuk memantau keadaan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina timur, Kamis (24/2/2022) malam waktu setempat.

KIEV, BENTENGTIMES.com– Konflik panas antara Rusia versus Ukraina terhitung sudah berlangsung tiga hari sejak Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan perintah operasi militer di wilayah Donbas, yang terletak di timur Ukraina, pada Kamis (24/2/2022) pagi lalu.

Putin mengungkapkan, dua alasan utama pihaknya melancarkan invasi ke Donbas, Ukraina, yang dikuasai kelompok separatis pro-Moskow.

Pertama, karena pemimpin separatis daerah itu meminta bantuan Rusia terkait klaim serangan pasukan Ukraina ke wilayah mereka.

“Republik Rakyat Donbas menyampaikan permintaan bantuan ke Rusia. Sehubungan dengan itu, saya membuat keputusan melancarkan operasi militer khusus,” ujar Putin, dalam pidato yang disiarkan di telivisi dikutip TASS, Kamis (24/2/2022) lalu.

BacaAksi Solidaritas, Mereka Para Pemimpin Negara Rela Gaji Dipangkas

BacaUkraina Alami Serangan Siber Sebelum Invasi Rusia Pekan Ini, CERT: Peretas Beranggotakan Tentara Belarusia

Alasan kedua, Putin melancarkan invasi adalah klaimnya untuk melindungi warga di Donbas yang selama ini menjadi target ‘pelecehan hingga genosida’ dari Pemerintah Ukraina, selama delapan tahun terakhir.

Halaman Selanjutnya >>>

Kronologi Konflik antara Ukraina-Rusia

Share this: