Terungkap! Alasan Ratu Wulla, Caleg Peraih Suara Tertinggi Nasdem Mundur

Share this:
BMG
Ratu Wulla dan Victor Laiskodat, Caleg Nasdem Dapil NTT 2.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Kabar pengunduran diri Ratu Ngadu Bonu Wulla, calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai NasDem, daerah pemilihan (dapil) Nusa Tenggara Timur (NTT) II, sontak menggemparkan publik tanah air. Apalagi, pengunduran diri politisi perempuan berusia 44 tahun itu, dilakukan mendadak.

Sementara, Ratu Wulla peraih suara tertinggi, melampaui perolehan suara mantan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat.

Pengunduran diri caleg nomor urut 5 itu diserahkan oleh saksi dari Partai NasDem dan diterima Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz, saat sedang memimpin Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional panel B di Jakarta, Selasa (12/3/2024) lalu.

“Baik, terima kasih untuk saksi dari Partai NasDem. Tentu, suratnya kami terima. Nanti, kami akan pelajari sendiri,” ujar Mellaz.

Dia mengaku tidak akan menyampaikan substansi dari surat pengunduran diri tersebut dalam forum rekapitulasi.

“Kami juga tidak akan sampaikan di forum ini substansinya apa, karena yang pasti ini kan prosesnya memang rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilu, baik Presiden-Wakil Presiden, DPR dan DPD untuk Provinsi NTT,” terang Mellaz.

Sementara itu, saksi dari Partai NasDem yang menyampaikan surat pengunduran diri tersebut, mengatakan surat itu merupakan surat dari Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

“Saya ingin menyampaikan ada surat dari Ketua Umum Partai NasDem pada KPU dan juga nanti ditembuskan kepada Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) RI, terkait dengan pengunduran diri calon anggota legislatif nomor urut 5 di NTT II,” kata saksi tersebut.

Menurut dia, alasan pengunduran diri Ratu Wulla sesuai dengan kehendak yang bersangkutan. Dikatakan, alasan pengunduran diri sesuai kehendak yang bersangkutan dan di atas meterai. Dan, untuk itu karena suratnya ke KPU RI, dia mengaku tidak berhak membacakan, dan lampirannya juga ada di dalamnya.

“Dengan demikian, perlu kami sampaikan dalam forum terbuka ini bahwa calon anggota legislatif Partai NasDem nomor urut 5 Dapil NTT II menyatakan mengundurkan diri,” kata saksi dari Partai NasDem tersebut.

Sementara itu, berdasarkan rekapitulasi yang disahkan KPU RI, Ratu Wulla, yang merupakan legislator DPR RI periode 2019-2024, meraih 76.331 suara. Anggota Komisi IX DPR RI itu memperoleh suara terbanyak dibandingkan enam calon lainnya dari Partai NasDem di Dapil NTT II.

BacaMerliaty Simanjuntak, Wanita Pemberani dan Tangguh di Tengah Bencana Banjir Sumba Timur

BacaMiris, Milenial dan Gen Z di Indonesia Terjerat Pusaran Utang Pinjol, Hampir 70 Persen Macet

Sementara, posisi kedua ditempati caleg nomor urut 1, mantan Gubernur NTT periode 2018-2023, Victor Laiskodat, yang mendapatkan 65.359 suara.

Secara keseluruhan, Partai NasDem dan calegnya mendapatkan 207.732 suara di NTT, meliputi 10.831 orang yang memilih partainya saja.

Mundurnya Ratu Wulla, maka posisinya akan diisi oleh Victor Bungtilu Laiskodat.

Halaman Selanjutnya >>>

Mundur atau Dimundurkan

Share this: