Fakta Terkait Varian Baru Covid-19 dari Inggris yang Bikin Gempar Dunia

Share this:
INT-BMG
Seorang pejalan kaki (pakai masker) tampak melintas dekat papan informasi memuat 'aturan Tier 3' di Newcastle-upon Tyne, Inggris, belum lama ini.

LONDON, BENTENGTIMES.comCoronavirus disease-2019 atau Covid-19 kembali membuat kejutan dengan hadir dalam wujud terbarunya di penghujung tahun 2020. Di Inggris, varian baru Covid-19 terdeteksi yang diklaim berbagai pihak lebih cepat menyebar dibanding varian sebelumnya.

Kemunculan varian baru itu ditanggapi serius oleh pemerintah Inggris. Pembatasan sosial di beberapa kota dinaikkan ke tingkat tertinggi, menyerupai lockdown.

London salahsatunya. Kemudian, negara-negara tetangga Inggris mulai melakukan penutupan akses penerbangan dari sana.

Berikut beberapa fakta soal varian baru Covid-19 di Inggris, dikutip dari berbagai sumber, Senin, 21 Desember 2020.

60 Kali Lebih Cepat

Chris Whitty, Kepala Petugas Medis Inggris menyampaikan bahwa varian baru Covid-19 adalah dalang di balik kenaikan jumlah kasus belakangan ini. Whitty mengatakan, varian tersebut bisa menyebar 60 kali lebih cepat dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Namun, menurut Whitty, meskipun varian baru Covid-19 itu lebih cepat penyebarannya, belum tentu lebih berbahaya.

BacaIni 5 Tradisi Kerajaan yang Didobrak pada Pernikahan Pangeran Harry-Meghan

BacaKisah Mohamed Salah: Kericuhan ‘Memaksanya’ Hengkang dari Mesir Menuju Eropa (bag-1)

Sejauh ini, kata Whitty, belum ada bukti yang mengindikasikan varian baru tersebut ganas atau akan menegasi efek dari vaksin Covid-19. Sekadar diketahui, Inggris belum lama mengesahkan dan menggelar vaksinasi Covid-19.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: