Foto Bung Karno dan KPU

Share this:
Bung Karno

Saat itu ada dua isu besar yang dibawa Bung Karno ke dunia Internasional. Pertama adalah Perebutan Irian Barat dan kedua adalah Menghantam Neo Kolonialisme dan Imperalisme dalam bentuk Permodalan, baik di Asia Tenggara maupun di wilayah-wilayah lain.

Pada masa itu seluruh adegan-adegan foto Bung Karno menggambarkan bagaimana Bung Karno dekat dengan pemimpin-pemimpin dunia. Bahkan salah satu foto legendarisnya adalah foto kedekatan antara Bung Karno dan JF Kennedy, yang sampai di tahun 1990-an masih jadi foto paling populer di kalangan anak-anak muda.

Foto Bung Karno dengan JF Kennedy ini pula yang sedikit banyak membantu politik diplomasi Indonesia dalam merebut Irian Barat.

Daya kharisma Bung Karno sebagian besar lewat “politik foto” yang tak pernah usang dan selalu aktual. Inilah keajaiban Bung Karno yang tidak dimiliki banyak tokoh lain di dunia. “Fotonya selalu aktual” memenuhi ruang pemikiran di segala zaman.

Foto-foto Bung Karno terus mengikuti zaman dengan segala bentuk dinamikanya. Foto foto itu hadir dalam keberanian sebuah bangsa untuk merdeka. Foto itu hadir dalam kegembiraan rakyat dan tawa tulusnya rakyat. Foto itu hadir dalam kesedihan-kesedihan sejarah, bahkan foto-foto Bung Karno seperti menjaga jiwa di banyak rumah rakyat Indonesia.

Tak ada yang lebih menyedihkan dari nasib foto-foto Bung Karno ketika Orde Baru mulai berkuasa. Foto-foto Bung Karno dicopoti dari ruang publik bahkan sampai pada ruang privat.

Share this: