Foto Bung Karno dan KPU

Share this:
Bung Karno

Oleh: Anton DH Nugrahanto

Tak ada yang sedemikian kontroversialnya sebuah foto di Indonesia selain foto Bung Karno. Foto-foto Bung Karno adalah sejarah yang hidup, gerak foto itu bahkan melampaui umur Bung Karno sendiri. Tak pelak foto Bung Karno adalah sejarah Indonesia yang menggelegak penuh pesona.

Bung Karno sadar bahwa ia perlu kekuatan untuk menggerakkan massa, karena pergerakan massa adalah bagian dari “jalan idealisme”. Tanpa aksi massa yang bergerak, maka cita-cita politik tak akan efektif berjalan.

Untuk menggerakkan kekuatan massa, maka foto-foto inspiratif harus diserap dalam ingatan public. Dan, Bung Karno memang paham ‘seni di depan kamera’. Dengan satu gerakan saja ia mampu menciptakan gambar kharismatis yang bisa diingat banyak orang.

Pada medio tahun 1920-an ada foto terkenal Bung Karno, dengan lagak seperti Clark Gable, aktor terkenal di tahun 1920-an. Foto itu diambil di tepi jalan Braga, Bandung.

(BACA: KPU: Dilarang Kampanye Pakai Gambar Soekarno, Soeharto, BJ Habibie dan Pendiri NU)

Saat itu Bung Karno memelihara kumis tipis dan rambutnya berjambul, di depannya secangkir kopi tubruk, matanya yang tajam itu memandang ke arah jalan.

Foto ini kerap diingat sebagai “sebuah zaman yang bergerak”. Tahun 1920-an memang dikenal sebagai ‘Zaman Pergerakan’. Dan, pada paruh pertama tahun 1920-an, Bung Karno sedang aktif-aktifnya membangun rumusan pergerakan kaum muda,. Ia menggodok konsepsi arah pergerakan politik, sehingga ia bisa menemukan satu hal: “Persatuan”.

Share this: