Para Bule yang Cintanya Berlabuh pada Orang Batak

Share this:
Annette Horschman, yang kini menjadi aktivis lingkungan di kawasan Danau Toba, menikah dengan pria Batak dan dikaruniai 3 anak.

“Saya dengar orang bule nyanyi lagu Indonesia, saya mau belajar. Saya cari teman di Bali, dia ajari lagu Butet,” kata Hermann.

Menurut musisi kenamaan Austria ini, melodi lagu Batak sangat indah dan mirip musik barat, bahkan lebih berkarakter. Saat kembali ke Austria, Hermann kerap membawakan lagu-lagu Batak dalam konser di sejumlah negara Eropa.

Hermann Delago, pria asal Austria yang begitu cinta dengan lagu Batak, alam Danau Toba dan akhirnya menikahi wanita Batak.

Dengan fasih ia membawakan sendiri lagu-lagu Batak. “Sering nyanyi di kedai tuak. Dengar dari anak Batak, dari situ saya belajar,” ucap Hermann.

Selain menyukai melodi lagu Batak, Hermann mengaku terpesona dengan kemolekan Danau Toba dan Pulau Samosir. Bahkan, ia juga terpikat dan menyunting gadis berdarah Batak sehingga ia ditabalkan bermarga Manik. Sebagai orang yang sudah bermarga Batak, Hermann merasa terpanggil untuk melestarikan lagu-lagu Batak.

Share this: