Danau Linting, Objek Wisata Eksotik di Deli Serdang

Share this:
BMG
Panorama indah Danau Linting di Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Danau ini membentang pada tiga desa, yakni Desa Sibunga-bunga, Gunung Manumpak, dan Durian IV Mbelang.

Kisah Mistis dan Misteri Kedalaman Danau Linting

Namun, di balik keindahannya yang memesona, keberadaan danau ini praktis masih menjadi misteri yang belum terpecahkan karena tidak banyak data dan bukti sejarah yang bertutur tentang Danau Linting.

Satu-satunya sumber yang bisa dijadikan rujukan tentang asal-usul danau ini adalah cerita dari mulut ke mulut dan kisah yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, selama ini tidak banyak penelitian yang dilakukan terhadap danau ini, sehingga tidak ada info dan data resmi tentang Danau Linting.

Menurut cerita yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, dahulu kawasan yang saat ini dipenuhi air itu merupakan sebuah perbukitan.

Pada suatu hari tiba-tiba terdengar ledakan hebat disusul gempa.

Menyusul setelah kejadian yang tanggal, bulan dan tahunnya tidak diketahui itu, kawasan perbukitan lenyap dan berganti dengan hamparan air yang kemudian disebut Danau Linting.

Masih menurut penuturan warga setempat, dahulu konon pernah ada seorang peneliti asing yang mencoba mengukur kedalaman danau dengan menggunakan alat semacam benang yang ditenggelamkan ke dalam air.

Namun, ketika alat itu sudah tenggelam lebih dari 100 meter, ternyata masih belum mencapai dasar danau sehingga pengukuran tidak dilanjutkan.

BacaAyo ke Lissoii House Of Bagot! Nikmati Tuak Terbaik di Siantar

BacaTempat Wisata di Sergai Tetap Buka, Dengan Catatan Wajib Ikut Prokes

Terlepas dari benar tidaknya cerita tentang peneliti asing yang mencoba mengukur kedalaman danau itu, namun dengan melihat sepintas lalu saja, siapapun akan meyakini jika Danau Linting sangat dalam.

Hal itu dapat dilihat dari warna airnya yang kebiru-biruan, dan terkadang berubah menjadi hijau serta tidak jarang merupakan perpaduan antara warna biru dengan hijau.

Halaman Selanjutnya >>>

Anak Laki-laki Tidak Diperkenankan Mandi, Kenapa?

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: