Danau Linting, Objek Wisata Eksotik di Deli Serdang

Share this:
BMG
Panorama indah Danau Linting di Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Danau ini membentang pada tiga desa, yakni Desa Sibunga-bunga, Gunung Manumpak, dan Durian IV Mbelang.

DELI SERDANG, BENTENGTIMES.com– Danau Linting, salahsatu objek wisata tersembunyi di Kabupaten Deli Serdang. Danau ini memiliki keindahan yang eksotik.

Tidak hanya itu, warna airnya memiliki keunikan tersendiri, terkadang berwarna hijau tosca, lain waktu terlihat seperti warna biru kehijauan. Dan, yang membuatnya berbeda dari danau pada umumnya, airnya hangat.

Danau ini terletak di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Luasnya kurang lebih 1 hektare.

Meski lokasi Danau Linting lebih dikenal berada di Desa Tiga Juhar, namun secara administratif menjadi bagian dari wilayah tiga desa.

Sehingga alamat yang tepat untuk lokasi danau ini adalah di Desa Sibunga-bunga, Desa Gunung Manumpak, dan Desa Durian Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang.

Dari Kota Medan menuju Danau Linting, jaraknya sekitar 70 Km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Danau alami ini terasa teduh karena dikelilingi pohon beringin yang rimbun. Warna airnya yang bernuansa hijau dan dipadu dengan tosca membuat suasana menjadi sangat menyenangkan.

Makanya, Danau Linting ini kerap dijadikan sebagai destinasi wisata, terkhusus bagi mereka yang ingin meninggalkan rasa lelah dari rutinitas sehari-hari yang padat dan membosankan.

Pepohonan yang memagari pinggir danau itu selain dapat menjadi peneduh bagi para wisatawan yang datang berkunjung, beberapa diantaranya juga dilengkapi dengan mainan ayunan.

Salahsatu spot nan esksotik di Danau Linting, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang.

BacaObyek Wisata Pemandian Alam Pangkal Namu Sira-Sira

BacaSiapa Memiliki Teknologi yang Kuat, Merekalah Penguasa Industri Pariwisata

Ayunan itu dapat dimanfaatkan untuk bermain sambil menikmati keindahan Danau Linting sekaligus dijadikan spot foto, karena berfoto di atas ayunan dengan latar belakang air danau yang biru akan terlihat sangat indah.

Tidak hanya spot ayunan yang menarik untuk dijadikan background foto, masih banyak sudut lain di sekitar danau yang instagenic.

Bagi wisatawan yang datang dengan membawa bekal, dapat menggelar tikar di pinggir danau dan menikmati bekal bersama keluarga atau bersama rombongan.

Tidak perlu khawatir apabila tidak membawa alas untuk duduk, karena banyak warga sekitar yang menyewakan tikar.

Anda bahkan tidak perlu harus mencari tempat penyewaan tikar, karena merekalah yang datang menghampiri sambil menawarkan tikar. Untuk sewa tikar tarifnya bervariasi, mulai seharga Rp10 ribu sampai Rp20 ribu, tergantung ukuran tikar.

Aktivitas lain yang sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke Danau LInting adalah berendam di tepian danau sambil menikmati pemandangan sekitar, karena airnya yang hangat.

Tidak seperti pemandangan air hangat pada umumnya, air Danau Linting sedikitpun tidak menebarkan aroma belerang, sehingga membuat nyaman mereka yang berendam.

Kandungan belerang baru dapat diketahui jika air danau itu ditempelkan di ujung lidah.

BacaLagi Trend Rumah Pohon Habitat di Langkat, Menikmati Pesona Alam Bukit Barisan

BacaCara Memasak Daun Singkong Agar Warna Tetap Hijau Segar Ala Restoran Padang

Dengan adanya kandungan belerang, selain sangat baik untuk kesehatan kulit, berendam juga dapat dijadikan sarana relaksasi untuk memperlancar aliran darah, menghilangkan rasa lelah, pegal-pegal, encok, reumatik serta penyakit tulang lainnya.

Pada hari-hari biasa, Danau Linting tidak terlalu ramai, sehingga suasana yang menyelimuti sekeliling terasa tenang dan nyaman.

Maksud tidak terlalu ramai adalah jumlah wisatawan yang datang masih belum ideal untuk sebuah tempat wisata.

Namun lebih dari cukup untuk menambah pemasukan dari warga sekitar yang mengais rejeki dengan mendirikan warung-warung tidak jauh dari kawasan danau.

BacaPelabuhan Kuala Tanjung Siap Beroperasi Secara Komersial

BacaGerakan BISA di Kawasan Danau Toba: Jaga Lingkungan, Patuhi Protokol Kesehatan

Karena itu, bagi wisatawan yang tidak membawa bekal, tidak perlu cemas selama membawa uang dalam jumlah yang cukup.

Suasana yang tenang, nyaman dengan udara yang sejuk dan segar, semestinya sudah lebih dari cukup untuk me-refresh kembali pikiran saat menghabiskan liburan di Danau Linting.

Halaman Selanjutnya >>>

Kisah Mistis dan Misteri Kedalaman Danau Linting

Share this: