Danau Linting, Objek Wisata Eksotik di Deli Serdang

Share this:
BMG
Panorama indah Danau Linting di Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Danau ini membentang pada tiga desa, yakni Desa Sibunga-bunga, Gunung Manumpak, dan Durian IV Mbelang.

Panduan Lokasi Danau Linting, Bisa dari Lubuk Pakam dan Tanjung Morawa, Dua Rute dari Medan

Dari Kota Medan, jarak tempuh menuju lokasi Danau Linting kurang lebih 70 Km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Sebenarnya, jarak itu relatif dekat. Namun karena rute yang harus ditempuh memiliki cukup banyak persimpangan ditambah kurangnya papan petunjuk arah menuju ke lokasi, membuat wisatawan dari luar daerah atau luar provinsi disarankan agar membawa peta. Bila perlu membuat gambar denah agar tidak tersesat.

Menjadi lebih aman lagi jika di sepanjang perjalanan senantiasa mengaktifkan smartphone dan mengakses google maps sambil sesekali memeriksa titik koordinat.

Wisatawan dari Kota Medan sebenarnya dapat memanfaatkan sarana transportasi umum dengan menggunakan angkutan pedesaan yang dapat ditemui di terminal Amplas Medan. Tarif sekitar Rp20 ribuan per orang.

Namun, karena angkutan umum tidak berhenti tepat di depan tempat wisata, sehingga memaksa wisatawan untuk berjalan kaki dengan jarak cukup jauh menuju lokasi. Maka, disarankan membawa kendaraan pribadi.

Terdapat dua rute yang dapat dilalui untuk menuju ke Danau Linting, jika berangkat dari Kota Medan.

Rute pertama, dengan melewati Delitua menuju ke Patumbak, setelah melewati Patumbak, Anda akan disuguhi hamparan sawah hijau dengan latar bebukitan.

BacaGelaran Sosialisasi Geopark Kaldera Toba

BacaKeliling Danau Toba dengan Live Music di atas Kapal, Ayo Ikut VAS Toba Lake Tour

Kemudian melewati perkampungan Talun Kenas, Siguci, Kuta Jurung disusul Tiga Juhar.

Tidak lama kemudian, Anda akan menjumpai Desa Durian IV Mbelang, Gunung Manumpak dan perkampungan Sibunga-bunga. Di tiga desa terakhir inilah letak dari Danau Linting.

Rute kedua, dari Kota Medan adalah dengan melewati Simpang Terminal Amplas yang berada di Kecamatan Patumbak.

Selanjutnya, Anda akan sampai di Desa Talun Kenas sebelum dilanjutkan menuju ke Desa Siguci, Kuta Jurung, dan berakhir di Desa Sibunga-bunga.

Selain berangkat dari Kota Medan, perjalanan juga dapat diawali dari Lubuk Pakam, dengan menyusuri jalan raya Galang menuju Bangun Purba, STM Hilir dan Tiga Juhar, sebelum akhirnya memasuki kawasan tiga desa yang menjadi lokasi dari tempat wisata.

Kota lainnya yang dapat dijadikan titik awal pemberangkatan adalah dari Tanjung Morawa menuju Bangun Purba, berlanjut ke Sibiru-biru hingga sampai STM Hilir dan Tiga Juhar. Baru kemudian masuk ke wilayah tiga desa tempat wisata Danau Linting.

Di sepanjang perjalanan, wisatawan akan melewati jalan yang kondisinya naik turun dan memiliki beberapa kelokan tajam dengan kondisi sebagian rusak dan sebagian lainnya terdapat lubang menganga.

Meski demikian, hijaunya hamparan sawah, bebukitan, kebun karet, kebun kelapa sawit, dan kebun kakao yang terbentang di kanan dan kiri jalan, dapat menjadi hiburan tersendiri untuk ‘mengobati’ rasa kesal akibat kondisi jalan rusak.

Pengunjung tampak berpose dengan spot hamparan indah Danau Linting, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang.

BacaPulau Salah Nama, Eksotisme Pulau Terluar Sumatera Utara

BacaData Covid Melandai, Baskami Ginting Dorong Pemda Benahi Pariwisata Sumut

Setelah membayar tiket dan memasuki area wisata, pemandangan pertama yang dijumpai wisatawan adalah hamparan air danau berwarna hijau kebiru-biruan berpagarkan pohon-pohon besar yang usianya sudah tua.

Hal itu mengisyaratkan bahwa danau linting memiliki umur yang sudah sangat tua, meski baru dimanfaatkan sebagai objek pariwisata dalam 10 tahun terakhir.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: