Cara Memasak Daun Singkong Agar Warna Tetap Hijau Segar Ala Restoran Padang

Share this:
BMG
Daun singkong rebus warnanya tetap hijau segar.

BENTENGTIMES.com– Pohon singkong merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Umbinya biasa diolah jadi beragam jenis penganan hingga daunnya pun enak disayur. Nah yang paling sering, daun singkong hanya direbus, kemudian dijadikan lalap bersama sambal dan aneka gorengan lainnya.

Misalnya, di rumah makan Padang, rebusan daun singkong ini jadi menu sayur utama yang disukai banyak konsumen. Selain lezat, daun singkong rebus di rumah makan Padang sering juga dipuji karena tampilannya yang selalu hijau dan segar seperti baru keluar dari air rebusan. Padahal daun singkongnya sudah dingin dan direbus dari pagi hari.

Bagaimana cara memasak daun singkong agar warnanya tetap hijau segar?

1. Baking Powder

Kunci warna daun singkong yang cantik segar ini terdapat pada penggunaan baking powder. Bahan tambahan makanan ini bisa memperkuat pigmen warna hijau dalam daun singkong.

BacaIni Pesan Jokowi yang Disampaikan Luhut pada Groundbreaking Toba Caldera Resort

Caranya, tambahkan saja satu sendok teh baking powder ke dalam 1.000 ml air rebusan daun singkong. Hasilnya, daun singkong akan punya warna hijau cerah, bukannya hitam.

2. Panci Jangan Ditutup

Untuk diketahui, cara merebus daun singkong yang benar agar warnanya semakin cantik. Daun singkong sebaiknya dimasukkan saat air benar-benar telah mendidih.

Share this: