Pengamat Sospol USU: Jika Jokowi Jadi Ketua Umum PDIP, Hal-hal Ini Akan Terjadi…

Share this:
Presiden RI Joko Widodo

KARO, BENTENGTIMES.com – Jika Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah lelah dan ingin pensiun dari dunia politik, maka figur yang paling baik untuk menggantikan beliau adalah Joko Widodo (Jokowi) dan hal ini adalah pintu masuknya kembali tokoh dan figur nasionalis ke partai berlambang banteng itu.

Demikian dikatakan dosen dan pengamat sosial politik USU Roy Fachraby Ginting SH MKn di Kantor Sekretariat LSM MATA KARO Jalan Sinabung Komplek Plaza Kabanjahe, Kabupaten Karo, baru-baru ini.

BACA: Ahok Pose 3 Jari, Dikait-kaitkan dengan PDIP

Menurut Pendiri LSM MATA KARO ini, Jokowi adalah kader partai yang telah teruji dan beliau pernah menjadi Wakil Ketua DPD Jawa Tengah. Dia merasakan betul suka dukanya sebagai pimpinan partai dan merasakan bahwa PDIP telah membesarkan Jokowi sebagai Walikota Solo, Gubernur Jakarta dan kini Presiden RI.

“Sehingga dalam konteks seperti itu, Jokowi akan lebih berkonsentrasi menjadi Presiden RI dan kepemimpinannya akan semakin kuat dengan stabilitas kekuatan politik yang akan dia pimpin dan seluruh kader partai tentu akan memberikan dukungan penuh,” ujar Roy Fachraby Ginting yang juga tercatat sebagai pendiri PDIP di Sumut.

Masih kata pria yang juga mantan nominator Ketua Departemen DPP PDIP serta mantan guru kader PDIP Tingkat Nasional ini, Jokowi adalah kader PDIP yang tangguh dan memulai karier politiknya di PDI Perjuangan pada tahun 2005.

BACA: Safari Kebangsaan PDIP, Hasto: Mari Bergerak Serempak Menangkan Jokowi

Saat beliau mencalonkan diri sebagai calon Walikota Solo bersama Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo. Selanjutnya, tahun 2010, Jokowi terpilih sebagai Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah. Karier politik Jokowi mencapai puncak setelah sukses memenangkan Pilpres 2014 meski hanya berstatus kader PDIP.

Dikatakan, PDIP masa depan akan menjadi rumah besar kaum nasionalis yang sebenarnya bila Jokowi menjadi ketua umum PDIP. Apalagi, bila hal ini sejalan dengan program ‘political leadership’ yang kelak dikedepankan dalam membesarkan PDI Perjuangan dan tentu partai harus mencari sosok sekelas Megawati dengan nilai plus usia muda yang mampu menjadi magnet ideologis dan pemersatu di PDIP.

BACA: PDIP Targetkan Jokowi-Ma’ruf Amin Menang Total di Sumut

Share this: