Ahok Pose 3 Jari, Dikait-kaitkan dengan PDIP

Share this:
Pose tiga jari BTP selepas sidik jari saat akan bebas setelah menjalani hukuman.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Pose tiga jari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dinilai kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bahwa dirinya sudah mulai tidak yakin dengan capres petahana Joko Widodo, ditepis oleh PDIP.

Politikus PDIP Charles Honoris kepada wartawan, Kamis (24/1/2019) mengatakan bahwa mengenai pose tiga jari itu kemungkinan karena aspirasi politik BTP yang berlabuh ke PDI Perjuangan sebagai rumah besar kaum nasionalis.

BACA: Rencana Bebas Ba’asyir, Ahok dan Tensi Politik Indonesia yang Terus Memanas

Diketahui bahwa Jokowi bersama Ma’ruf Amin maju sebagai capres-cawapres 2019 nomor urut 01 sehingga pose satu jari atau jempol menjadi ciri khasnya. Sementara itu, Prabowo-Sandiaga nomor urut 02.

Kemudian, di Pemilu 2019, PDIP memang mendapat nomor urut 3. Ahok pun sudah lama disebut-sebut ingin masuk ke partai pimpinan Ketum Megawati Soekarnoputri itu.

Charles juga menepis pernyataan juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade. Andre mengatakan Ahok sebaiknya merasakan kondisi rakyat yang kini hidup semakin sulit akibat ekonomi nyungsep.

BACA: Wow! Ahok Sumbang Rp250 Juta Untuk Pemenangan Prabowo-Sandi

Menurut Charles, Ahok sudah berpengalaman dalam mengelola pemerintahan. Sang sahabat pun disebutnya paham mengenai kinerja Jokowi dalam mengelola pemerintah karena pernah bekerja bersama-sama saat memimpin DKI Jakarta lalu.

“BTP berpengalaman dalam mengelola pemerintahan. Bersama-sama dengan Jokowi, BTP sempat bekerja membangun ibukota. Hasil kerjanya pun banyak mendapatkan apresiasi, bukan saja di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Jokowi dan BTP memiliki gaya kepemimpinan yang seirama. Mengelola pemerintahan dengan transparan, akuntabel dan profesional,” sebut Charles.

Anggota Komisi I DPR ini juga yakin Ahok akan tetap mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Charles mengatakan Ahok sudah paham betul pribadi Jokowi yang ingin berbuat banyak untuk masyarakat.

“Jadi saya rasa sudah sewajarnya apabila BTP mendukung Jokowi untuk kembali menjadi presiden karena tahu akan kinerja sosok Jokowi dan apa yang terbaik untuk masa depan Indonesia,” tuturnya.

BACA: Kakak Angkat Ahok Pastikan Adiknya Dukung Jokowi-Ma’ruf

Seperti diketahui, Ahok berpose 3 jari saat menjalani pengambilan sidik jari sebelum bebas dari penjara hari ini. Staf Ahok dari Tim BTP, Ima Mahdiah, menceritakan Ahok sempat bilang bahwa posenya itu menyatakan bukan nomor 1 atau 2, tapi 3.

Pernyataan Ahok itu kemudian dinilai Andre Rosiade sebagai pertanda eks Gubernur DKI Jakarta tersebut sudah tak yakin kepada Jokowi. Ia juga berharap Ahok bisa melihat situasi bangsa lebih jernih selepas menjalani masa tahanan di Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

“Bisa juga pose 3 jari ini menunjukkan Pak Ahok tidak yakin mendukung Pak Jokowi. Mungkin beliau mulai tidak yakin Pak Jokowi menang, karena melihat tren di masyarakat,” kata Andre.

Sementara, soal niat Ahok yang ingin masuk PDIP dilontarkan oleh sahabatnya yang lain, Djarot Saiful Hidayat, yang juga politikus PDIP. Mantan pasangan Ahok di Pilgub DKI tersebut mengatakan Ahok ingin masuk PDIP karena selalu membelanya.

“Karena yang berani betul di garis depan, ketika ada yang melawan Pancasila, ketika ada yang menghina seseorang warga negara, mencaci, membenci dan sebagainya, yang berani paling depan adalah PDI Perjuangan. Ini betul. Makanya dia bilang, ‘kalau nanti saya masuk politik, saya akan pasti masuk PDI Perjuangan’,” ucap Djarot menirukan pesan Ahok saat konsolidasi PDIP di kantor DPC PDIP Sleman, Yogyakarta, Senin (25/11/2018).

Share this: