Tempo 30 Menit, Enam Rumah di Gunungsitoli Hangus Terbakar

Share this:
ADI LAOLI-BMG
Lokasi kebakaran yang menghanguskan enam rumah warga, di Jalan Tirta, Komplek KBN Kota Gunungsitoli, Kamis (14/09/2023). Para petugas pemadam kebakaran dibantu personel BPBD dan petugas dari Polres Nias tampak berusaha memadamkan api di lokasi kejadian.

GUNUNGSITOLI, BENTENGTIMES.com– Kebakaran hebat terjadi di Kota Gunungsitoli, Kamis (14/09/2023). Sebanyak enam rumah warga di Jalan Tirta Umbu, Komplek KBN, Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunungsitoli, hangus terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Keterangan dihimpun Benteng Times dari lokasi kejadian, ke enam rumah warga yang terbakar itu berada di lokasi permukiman padat penduduk.

Tiupan angin yang kencang membuat api dengan cepat menyebar ke rumah-rumah warga yang terbuat dari kayu. Sehingga, hanya dalam tempo lebih kurang 30 menit, seluruh bangunan hangus terbakar hingga rata dengan tanah.

Ama Fika Harefa, salah seorang warga yang rumahnya ikut terbakar mengaku saat kejadian sedang bekerja membuat perabot rumah tangga tidak jauh dari rumahnya.

“Saya lagi kerja tiba-tiba ada orang berteriak kebakaran. Dan, saya langsung menghampiri. Saya melihat api sudah membumbung tinggi. Kemudian, saya langsung berusaha menyelamatkan barang sembari mengambil air untuk memadamkan api,” kata Ama Fika kepada Benteng Times, di lokasi kebakaran Kamis.

Menurut Ama Fika, keenam unit rumah yang terbakar itu terbuat dari kayu, ditambah hembusan angin mengakibatkan api cepat menjalar dan membakar seluruh bangunan hingga rata dengan tanah.

“Rumah di sini rata-rata terbuat dari kayu pak. Makanya, cepat terbakar. Barang kami hanya sebagian yang bisa saya selamatkan. Beruntung mobil pemadam cepat datang, kalau tidak rumah warga lainnya akan ikut terbakar,” katanya.

BacaSubuh Membara di Kota Gunungsitoli, Tujuh Rumah Ludes Terbakar

BacaPemilik Pondok Pesantren Diduga Lecehkan Santri

Dia mengungkapkan, posisi pada saat terjadi kebakaran, istrinya kebetulan tidak di rumah. Sementara, 5 orang anaknya sedang berada di sekolah.

“Lalu, ada dua orang anak kos, juga sedang tidak berada di rumah, sehingga semua barangnya hangus terbakar,” ungkap Ama Fika.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: