Mandailing Natal Berduka, Permukiman Terendam, Rumah Hanyut

Share this:
BMG
Air tampak merendam permukiman penduduk dalam musibah banjir yang melanda Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

Berikut Ini 33 Sekolah Terdampak Banjir

Plt Kepala Dinas Pendidikan Mandailing Natal (Madina) Arbiuddin S Harahap menyebutkan, pada bencana banjir yang melanda Madina beberapa waktu lalu itu telah mengakibatkan sebanyak 33 sekolah yang ada di bawah naungan Dinas Pendidikan terdampak.

Sekolah yang terdampak tersebut meliputi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal.

“Ada 33 sekolah yang terdampak banjir. Kalau untuk sekolah yang rusak belum kita ketahui jumlahnya berapa, karena saat ini kita masih melakukan pendataan di lapangan,” sebut Arbi, Senin (20/12/2021).

Adapun sekolah-sekolah yang terdampak banjir tersebut yakni:

Dua sekolah di Kecamatan Sinunukan; SDN 333 Bintungan Bejanggar dan SD 335 Banjar Aur Utara.

Dua sekolah di Kecamatan Muara Batang Gadis; SDN 404 Bronjong dan SDN 388 Hutarimbaru.

Enam sekolah di Kecamatan Batahan; SD 349 Tanjung Kapa, SD 344 Batahan, SD 354 Batahan 3, SD 348 Banjar Aur Batahan, SMP 2 Batahan, dan SMP 3 satu atap Batahan.

Tujuh sekolah di Kecamatan Natal; SD 357 Natal, SD 359 Patiluban, 365 Patiluban Mudik, SD 371 Patiluban Hilir, SD 377 Trans Bandep, SD 378 Sikara-kara IV, dan SMP 6 Natal.

Dua sekolah di Kecamatan Lingga Bayu; SD 294 Tapus dan SMP 2 Linggabayu.

Enam sekolah di Kecamatan Ranto Baek; SD 314 Simpang Nunur, SD 316 Ranto Panjang, SD 319 Padang Silojongan, SD 317 Gonting, SD 312 Muara Bangko, dan SMP 3 Rantobaek.

Tiga sekolah di Kecamatan Panyabungan; SD 097 Gunung Barani, SD 105 Adianjior, dan SD 091 Panyabungan.

Dua sekolah di Kecamatan Siabu; SD 043 Muara Batang Angkola dan SMP 7 Satu Atap Siabu.

Terakhir, tiga sekolah yang tersebar di tiga kecamatan, yakni; SD 135 Barbaran Kecamatan Panyabungan Barat, SD yakni SD 124 Binanga Kecamatan Hutabargot, dan SMP 1 Nagajuang Kecamatan Nagajuang.

SD Negeri 365 Patiluban Mudik Kecamatan Nat, Kabupaten Madina, salahsatu sekolah terdampak banjir.

BacaBerebut Lahan Hutan Mangrove di Desa Securai, Antara Warga dan Pengusaha Sawit

BacaBanjir Landa Bandar Durian Labura, Ratusan Rumah Warga Terendam

Kepala Dinas Pendidikan mengatakan, sudah melaporkan banyaknya fasilitas sekolah yang terdampak tersebut kepada BPBD Madina sebagai pintu data kerusakan akibat banjir ini.

“Kondisi ini juga sudah dilaporkan kepada Bupati Mandailing Natal,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala BPBD Madina, Subuki Nasution menuturkan, banjir terjadi akibat tingginya curah hujan yang melanda beberapa daerah dalam dua hari terakhir.

“Curah hujan sejak Jumat (17/12/2021) mengakibatkan beberapa sungai meluap dan menggenangi perumahan penduduk,” kata Subuki, Kepala BPBD Madina, Minggu (19/12/2021).

BacaSungai Bilah Meluap, Ribuan Rumah di Negeri Lama Terendam

BacaBanjir di Batubara Meluas Sampai 31 Desa, 5.000-an Rumah Terendam

Masih kata Subuki, tingginya curah hujan juga mengakibatkan ruas jalan Jembatan Merah-Muarasoma tertutup material longsor.

Halaman Selanjutnya >>>

Mandailing Natal Status Darurat Bencana Banjir dan Longsor

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: