Banjir di Batubara Meluas Sampai 31 Desa, 5.000-an Rumah Terendam

Share this:
BMG
Dua orang anak tampak bermain di halaman rumah mereka yang terendam banjir di Kabupaten Batubara, Kamis (19/8/2021).

BATUBARA, BENTENGTIMES.com–  Musibah banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Batubara, terus meluas. Sejauh ini, tercatat sekitar 5.000-an rumah warga terendam banjir, pada Kamis (19/8/2021).

Kondisi itu terjadi akibat curah hujan tinggi dan derasnya aliran sungai di wilayah Kabupaten Asahan dan Kabupaten Simalungun. Kemudian semakin diperparah dengan muara sungai yang tidak mampu menerima debit air.

Informasi dihimpun, banjir di Kabupaten Batubara melanda 31 desa di empat kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Sei Balai, Talawi, Nibung Hangus, dan Datuk Tanah Datar.

Luapan air yang sangat besar mengakibatkan tanggul jebol pada Muara Sungai Kwala Sikasim dengan kedalaman air mencapai 50-80 sentimeter.

Pemkab Batubara bersama Polres dan TNI telah mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum. Namun banyak warga lebih memilih untuk tinggal di rumah dan mendirikan tenda darurat di dekat rumahnya agar senantiasa dapat mengontrol keamanan supaya tidak dimasuki maling.

Banjir melanda sejumlah permukiman warga di sejumlah wilayah di Kabupaten Batubara, Kamis (19/8/2021).

Bupati Batubara Zahir mengatakan, pemkab bersama TNI-Polri sudah mulai menyalurkan bantuan, seperti sembako dan obat-obatan kepada warga yang terdampak banjir.

BacaLacak Varian Delta, 10 Daerah Termasuk Sumut Diminta Gencar Lakukan 3T

BacaLuapan Sungai Padang dan Keberadaan Tembok Penahan Banjir Bikin Kecewa Warga Tebing Tinggi

Menurut Zahir, wilayah Batubara merupakan dataran terendah di Sumatera Utara. Dia berharap kepada Presiden dan Pemprov Sumut dapat membantu perbaikan tanggul yang jebol, normalisasi sungai, dan perbaikan drainase guna mengantisipasi terjadinya banjir.

“Kami butuh bantuan pusat dan Pemprov Sumut memperbaiki tanggul dan normalisasi sungai,” kata Zahir, Kamis.

Halaman Selanjutnya..

Kali Ini, Banjir Terbesar

Share this: