Menko Luhut Tinjau Proyek di Danau Toba: Paling Lambat Bulan 9 Semua Sudah Selesai

Share this:
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berada di Siallagan, dalam rangka meninjau progres pembangunan berbagai fasilitas destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba.

“Co-working space ini akan jadi pusat bagi UMKM berkumpul dan menjadi poros roda perputaran ekonomi setempat. Di sini kita juga memajukan budaya yang ada karena dapat dipergunakan pula sebagai tempat latihan kesenian masyarakat,” kata putra asal Silaen, Kabupaten Toba ini.

Baca: Menko Luhut Siapkan Tempat Riset Herbal Berkelas Dunia di Pollung Humbahas

Baca: Luhut Panjaitan Bertemu Bupati Terpilih se-Kawasan Danau Toba, Ini yang Dibahas

Selanjutnya, dilakukan peninjauan pekerjaan rehabilitasi jalan di Pesanggrahan Soekarno serta menuju Pulau Samosir melalui Pelabuhan Ajibata sekaligus meninjau pembangunan yang ada. Berlabuh di Pelabuhan Ambarita, rombongan Menko Luhut bergeser ke Huta Siallagan sebagai pusat budaya adat Batak Toba.

Disambut oleh Raja Huta Siallagan dan kepala desa setempat, Luhut ingin proses rehabilitasi pusat budaya tersebut segera diselesaikan oleh Kementerian PUPR. Luhut juga meninjau proyek Tano Ponggol, yang merupakan jembatan layang yang akan menyambungkan Pulau Samosir dengan Pulau Sumatera.

“Pembangunan jembatan di Tano Ponggol sudah berjalan lancar. Tinggal dijalankan dan akan selesai dalam waktu 17 bulan kerja sesuai dengan laporan Bupati Samosir yang sudah disampaikan ke saya,” pungkas Luhut.

“Memang ada sedikit masalah tanah, nanti beberapa masalah itu biar kami selesaikan,” imbuhnya.

Baca: Luhut: Danau Toba Bukan Hanya Keindahan Alam, Tapi..

Baca: Ahok jadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara? Luhut Panjaitan Malah Pesimis

Luhut juga memfokuskan, agar pembangunan dua pelabuhan penyeberangan di Danau Toba terus dikebut. Ditegaskan bahwa pembangunan pelabuhan ajibata dan ambarita ditargetkan selesai pada September 2021.

“Paling lambat bulan sembilan semua sudah selesai, dan sudah bisa dipakai dengan baik,” kata Luhut.

Share this: