Menko Luhut Tinjau Proyek di Danau Toba: Paling Lambat Bulan 9 Semua Sudah Selesai

Share this:
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berada di Siallagan, dalam rangka meninjau progres pembangunan berbagai fasilitas destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba.

TOBA, BENTENGTIMES.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi di Kawasan Danau Toba pada Kamisdan Jumat (11-12/2/2021) untuk meninjau sejumlah proyek strategis yang sedang terlaksana dalam rangka menjadikan geopark kaldera terbesar di dunia ini menuju Monaco of Asia.

Luhut berharap pembangunan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas dapat segera rampung dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

Baca: Ini Pesan Jokowi yang Disampaikan Luhut pada Groundbreaking Toba Caldera Resort

Baca: Sandiaga Uno ke Danau Toba Akhir Tahun Ini, Luhut dan Menlu China Menyusul di Awal Tahun

“Begitu banyak potensi wisata yang ada di Toba. Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, budaya dan adat istiadat di sini mampu menjadi daya pikat yang luar biasa bagi wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara,” katanya.

Adapun sejumlah lokasi yang ditinjau Luhut, antara lain ke Dermaga Porsea untuk melihat progres pembangunan galangan kapal dan mengecek dua unit bus air yang akan segera beroperasi. Selain itu, rombongan juga mengunjungi Dermaga Balige dan Desa Wisata Lintong Ni Huta untuk meninjau pembangunan toilet yang telah diselesaikan oleh Pertamina.

“Pembangunan ini dibantu oleh Pertamina. Menjadi hal yang penting untuk membangun fasilitas umum seperti ini supaya calon wisatawan merasa nyaman dan bersih,” lanjutnya.

Luhut juga mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Balige, yang merupakan sekolah dengan kejuruan pariwisata. SMKN itu diharapkan mampu mencetak SDM lokal yang unggul dalam bidang pariwisata untuk mendukung dan pengembangan Danau Toba.

Baca: Luhut Panjaitan Bawa Menlu Tiongkok Kunjungi Danau Toba, 400 Personel Siaga

Baca: Begini Cerita Luhut Panjaitan saat Bersama Menlu China di Kawasan Danau Toba

Kemudian, dia juga meninjau Pantai Bebas Parapat untuk melihat penataan kawasan atraksi wisata yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), kemudian kunjungan ke calon Creative Hub di Dolok Sipiak. Tempat yang sudah dibangun sejak tahun 2018 itu akan menjadi tempat yang terintegrasi, sebagai tempat beraktivitas dan berkreasi bagi masyarakat setempat.

Bersambung ke halaman 2…

Share this: