Bukan Hanya di Tarutung dan Venezuela, Pemandian Air Soda Juga Ada di Karo

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Guru Besar USU Prof Dr Paham Ginting MS foto bersama mahasiswa IMKA Ersinalsal FEB USU dan Pengurus Karang Taruna Desa Munte di lokasi mata air soda Lau Macem, Senin (1/4/2019).

KARO, BENTENGTIMES.com– Pemandian air soda merupakan objek wisata langka. Di dunia hanya ada di tiga lokasi. Pertama ada di Venezuela, sebuah negara di ujung utara Amerika Selatan. Dua lokasi berikutnya ada di Sumatera Utara. Lokasi pertama di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Dan yang kedua ternyata ada di Tanah Karo, tepatnya di Desa Buluh Naman, Kecamatan Munte. Oleh masyarakat sekitar, lokasi ini dinamai objek wisata Pemandian Air Soda Lau Macem.

“Pemandian Air Soda ini, objek wisata langka. Sebelumnya, diketahui hanya ada dua di dunia; Tarutung, Tapanuli Utara dan di Venezuela,” ucap Prof Dr Paham Ginting MS, Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU), di lokasi Pemandian Air Soda Lau Macem, Desa Buluh Naman, Kecamatan Munte, Minggu (31/3/2019).

Maka dari itu, Ketua DPD Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kabupaten Karo ini berpendapat perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui manfaat dari air soda tersebut. Juga kepada Pemerintah Kabupaten Karo agar dapat memberikan perhatian dan mengembangkannya sebagai salah satu objek wisata andalan di Tanah Karo.

BacaDjarot: Ayo ke Tarutung, Objek Wisatanya Luar Biasa

BacaWow! Kapal Pesiar Bersandar, Wisatawan Disambut Dengan Ulos Batak

Kehadiran Paham ke lokasi dalam rangka men-support para mahasiswa USU yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) Ersinalsal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara yang sedang melaksanakan bakti sosial di lokasi mata air soda, Desa Buluh Naman, selama tiga hari, Jumat, Sabtu, Minggu (29-31/03/2019). Paham mengapresiasi apa yang dilakukan para mahasiswa untuk mengisi waktu libur dengan kegiatan positif, membantu daerah memperkenalkan objek wisata.

“Yang paling penting adalah semangat mengabdinya, patut didukung,” ucap Paham.

Share this: