Pria Batak Ini jadi Pimpinan DPRD Jawa Timur, Begini Perjalanan Karir Politiknya

Share this:
Sahat Simanjuntak mendapat ucapan selamat dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BENTENGTIMES.com – Politisi berdarah Batak mampu unjuk gigi di tanah perantauan. Dia adalah Sahat Tua Parlindungan Simanjuntak. Pada Senin (30/9/2019) lalu, dia resmi menjadi Wakil Ketua DPRD Jawa Timur periode 2019-2024 setelah mengucapkan sumpah jabatan.

Diketahui bahwa Sahat telah mendedikasikan hidupnya untuk membesarkan Partai Golkar di Jatim. Sebelum mencapai puncak karier politiknya saat ini, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jatim ini telah memulai berproses di partai berlambang pohon beringin ini sejak 30 tahun lalu.

BACA: Andaliman, Merica Batak yang Menggetarkan Lidah

”Kali pertama saya tertarik di politik ketika saya kuliah di Fakultas Hukum Ubaya (Universitas Surabaya) di tahun 1988,” ujarnya baru-baru ini.

Ketertarikan pria 50 tahun ini di politik, tak lepas dari peran dua dosennya, Martono dan Anton Prijatno. Martono pernah menjadi Ketua DPD Partai Golkar Jatim, sedangkan Anton pernah menjadi Anggota DPR RI juga dari Partai Golkar.

”Saya terus terang tertarik dengan kedua figur ini. Mulai dari keilmuannya, penyampaian di depan mahasiswa, hingga pemikiran beliau,” kata Sahat.

Anggota DPRD Jatim tiga periode ini menceritakan bahwa ia lebih banyak berbincang dengan para seniornya tersebut dibanding sekadar nongkrong dengan teman sebayanya. Mulai dari bertukar pikiran hingga mencari solusi atas berbagai masalah organisasi yang ia ikuti, di antaranya di Senat Mahasiswa.

BACA: Juri Paduan Suara Philipina: Suara Orang Batak Diakui Dunia

Hasilnya, Sahat pun dipercaya sebagai Ketua Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT) Ubaya pada 1990.

Share this: