Melacak Iklas Prasasti, Tempat JR Saragih Menempuh SMA

Share this:
Ist
JR Saragih tampak menangis usai penetapan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara. Pasangan JR Saragih dan Ance Selian tak lolos hasil penetapan KPU Sumut

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Bupati Simalungun Jopinus Ramli (JR) Saragih menempuh pendidikan menengah atas di SMA Iklas Prasasti, Jakarta Pusat. Namun ternyata sekolah ini sudah tutup sejak 1994 dan hanya aktif selama 15 tahun sejak didirikan.

Fakta ini disampaikan Uki Rahmawati yang merupakan pengurus tunggal Yayasan Iklas Prasasti. Uki adalah istri almarhum Ahmad Solihin, pendiri yayasan. Saat ini, Uki aktif mengurus yayasan yang kini menaungi TK Prasasti.

Uki bercerita, SMA Iklas Prasasti tak punya banyak murid. Sekolah itu didirikan suaminya untuk menampung anak-anak yang tidak mampu masuk SMA negeri.

“Waktu itu muridnya satu kelas tidak sampai 30 orang, (satu angkatan) kurang dari 100 totalnya,” ujar perempuan berusia 67 tahun ini saat ditemui di kawasan Sumur Batu, Kemayoran, Jumat (23/2/2018).

SMA Iklas Prasasti didirikan Ahmad Solihin dan keluarganya pada 1981. Mulanya Solihin hendak membangun sekolah di kawasan Sunter, tapi Solihin mengurungkan niat lantaran ditipu penjual lahan.

Solihin kemudian membuka SMP dan SMA Iklas Prasasti dengan meminjam gedung SD Negeri 15 Harapan Mulia (sekarang SDN 03 Sumur Batu), yang berada di Kemayoran. Tumpangan diberikan Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat karena Solihin merupakan Kepala Sekolah SDN 15 Harapan Mulia.

Share this: