Gempa Bumi Guncang Madina, Terasa Hingga Tapsel, Tapteng dan Nias

Share this:
Gempa bumi di Kabupaten Madina.

Seperti yang sebelumnya, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di daerah Sibolga dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI), Tarutung II SIG-BMKG (III MMI), Gunung Sitoli I-II SIG-BMKG (II-III MMI), Padang, Bukittinggi, Lubuk Basung, Pasaman Barat dan Binaka I SIG-BMKG (II MMI) dan daerah yang terdekat, seperti Panyabungan, Natal, Padangsidimpuan, Tapsel, Paluta dan Palas. Dan Guncangan gempabumi ini belum diketahui ada menimbulkan kerusakan.

Dan Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi.

Hal Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempabumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh mekanisme sumber naik mendatar (oblique thrust fault).

Hingga pukul 16.00 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya tiga aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) setelah dua kali gempa dengan kekuatan di atas 5 SR.

Dan Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Mandailing Natal diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Share this: