Gempa Bumi Guncang Madina, Terasa Hingga Tapsel, Tapteng dan Nias

Share this:
Gempa bumi di Kabupaten Madina.

MADINA, BENTENGTIMES.com– Aktivitas pagi warga Kota Padangsidempuan seketika dihebohkan oleh gempa bumi yang belakangan diketahui berpusat di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kamis (1/3/2018) sekitar pukul 08.35 WIB.

Warga tampak berhamburan keluar rumah begitu guncangan terasa. Sementara, aktivitas di luar pun, seperti arus lalu lintas, seketika terhenti.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, ada sebanyak lima kali gempa yang terjadi dan berpusat di laut daerah Singkuang, Kabupaten Madina. Dari lima kali gempa, dua kali di antaranya berkekuatan hingga 5,5 skala richter.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi memaparkan, gempa bumi pertama kali terjadi dan dirasakan dengan kekuatan 5,4 SR pada Kamis (1/3/2018) sekitar pukul 08.35 WIB.

Gempa bumi ini merupakan gempabumi tektonik di Samudera Hindia sebelah barat Kabupaten Mandailing Natal.
Hasil update analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki kekuatan M (magnitude) 5,4 SR. Episenter terletak pada koordinat 0,91 LU dan 98,63 BT, tepatnya di laut pada jarak 37 km arah barat daya Singkuang, Kabupaten Mandailing Natal pada kedalaman 98 km.

Share this: