Golkar Dihantam Badai Kasus Alex Noerdin-Azis Syamsuddin

Share this:
BMG
Ilustrasi Alex Noerdin-Azis Syamsuddin.

JAKARTA, BENTENGTIMES.comPartai Golkar tengah dihantam badai. Dua elite partai beringin itu, Azis Syamsuddin dan Alex Noerdin, dalam pusaran kasus bertubi-tubi.

Pertama, Alex Noerdin. Mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) itu ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan tahun 2010-2019. Kini, Anggota DPR RI dari Golkar itu ditahan.

“Penyidik meningkatkan status tersangka AN,” ujar Leonard, Kapuspenkum Kejagung.

Alex ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan Kejagung. Saat kasus itu terjadi, Alex menjabat Gubernur Sumsel 2001-2012.

Kasus itu bermula pada 2010, ketika Pemprov Sumatera Selatan mendapat alokasi membeli gas bumi bagian negara. Berdasar keputusan Kepala BP Migas, yang ditunjuk sebagai pembeli gas bumi bagian negara itu adalah Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Provinsi Sumatera, sebuah BUMD milik Provinsi Sumsel.

BacaTok, Walikota Tanjungbalai non aktif Syahrial Divonis Dua Tahun Penjara

BacaBukan Hanya Demokrat, Lima Partai Ini Juga Pernah Diterpa Konflik Internal

Dengan dalih tidak mempunyai pengalaman teknis dan dana, PDPDE Sumsel kemudian bekerja sama dengan investor swasta dan membentuk perusahaan patungan (PT PDPDE Gas).

Kebijakan itu dianggap penyimpangan dan mengakibatkan kerugian keuangan negara.

Halaman Selanjutnya..

Kerugian Negara USD 30 Juta

Share this: