Bukan Hanya Demokrat, Lima Partai Ini Juga Pernah Diterpa Konflik Internal

Share this:
BMG
Ketua Umum Partai Demokrat Moeldoko saat memberi sambutan di Acara Kongres Luar Biasa Demokrat yang berlangsung di Hotel The Hill Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (5/3/2021) petang.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Dualisme kepemimpinan partai politik bukan sekali ini terjadi di tanah air. Beberapa partai tercatat juga pernah mengalami konflik internal yang berujung perpecahan dan menggugat ke pengadilan.

Sebagaimana Partai Demokrat, sedikitnya lima partai politik di tanah air juga pernah diterpa konflik internal.

1. Golkar

Sejak era reformasi, partai berlambang pohon beringin ini beberapa kali dihantam konflik internal. Perpecahan itu lalu menelurkan partai-partai baru.

Pada 1998, dua partai politik baru terbentuk pasca munas (musyawarah nasional), yakni Partai Karya Peduli Bangsa dan Partai Keadilan dan Persatuan, sekarang menjadi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

BacaTerpilih Jadi Ketum Demokrat Versi KLB, Moeldoko: Saya Terima, Terima Kasih

BacaJokowi: Kaderisasi Tidak Bisa Dikerjakan Sambil Lalu

Setelah Munas Golkar 2004, dari rahim Golkar kemudian lahir dua partai politik, yaitu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) besutan Prabowo Subianto dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) bentukan Wiranto.

Kemudian pasca Munas Golkar 2009, terbentuk organisasi massa Nasional Demokrat, yang kini menjelma menjadi Partai NasDem. Partai ini didirikan Surya Paloh.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: