Lacak Varian Delta, 10 Daerah Termasuk Sumut Diminta Gencar Lakukan 3T

Share this:
BMG
Ilustrasi.

Pengendalian dan Vaksinasi Terbukti Efektif

Namun, Nadia memastikan, Indonesia terus berupaya melakukan kegiatan sekuensing untuk memantau penyebaran varian baru, baik yang berasal dari luar maupun dalam negeri. Per 18 Agustus 2021 kemarin, sudah lebih dari 5.000 sekuensing dilakukan dengan 80 persen hasil adalah varian delta.

Dia mengimbau pemerintah daerah di beberapa wilayah untuk lebih waspada dan meningkatkan testing dan tracing mengingat dominasi varian delta yang terdeteksi. Beberapa wilayah yang dimaksud adalah Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Bagi provinsi atau daerah lain yang belum melaporkan atau belum menemukan varian ini diingatkan untuk tetap waspada. Pemerintah daerah diharapkan aktif meningkatkan upaya pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) dan atau 3T, dan melaporkan kasus-kasus yang masuk kriteria untuk dilakukan pemeriksaan sekuensing ke laboratorium rujukan.

“Sekali lagi, upaya pengendalian dan vaksinasi yang kita lakukan saat ini masih terbukti efektif untuk mencegah penularan, dan mencegah keparahan dan kematian akibat infeksi varian delta ini,” ujar Nadia.

BacaKisah WNI Soal Lockdown Total di Selandia Baru Hanya Gegara Satu Kasus Covid-19

BacaPPKM Masih Berlanjut, Pemerintah Siapkan Bantuan Beras

Dia juga mengungkapkan, lebih dari 60 ribu kasus yang tercatat sebagai kasus aktif adalah kasus-kasus yang terkonfirmasi positif lebih dari 21 hari yang lalu. Besar kemungkinan kasus-kasus ini telah sembuh atau meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya..

Agar Herd Immunity Terbentuk, Ayo Vaksin

Share this: