Suhu Dingin Mulai Melanda, Ini Cara Menjaga Diri Agar Tetap Fit

Share this:
Ilustrasi cuca dingin.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Belakangan ini, pada periode awal Agustuss 2023, cuaca ekstrim mulai melanda beberapa daerah di Sumatera Utara. Hujan deras disertai angin kencang hampir terjadi setiap hari. Hal ini memang tidak secara langsung menyebabkan penyakit, namun hal ini dapat memicu tubuh kita menjadi mudah sakit.

Baca: Selain Menyehatkan, Nanas Dapat Membantu Mempercantik Kulit

Baca: Tips Puasa Aman dan Nyaman Bagi Penderita Penyakit Asam Lambung

Selain pilek, flu dan demam, ada banyak penyakit yang menyebar saat perubahan iklim. Misalnya, cuaca dingin dapat memperburuk beberapa masalah kesehatan yang sudah ada dan bahkan mampu menyebabkan komplikasi serius. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar Anda sekeluarga tetap sehat ketika cuaca ekstrim menyerang.

Agar tubuh tetap kuat menghadapi paparan virus di tengah cuaca ekstrim, berikut ini beberapa langkah pertahanan sistem imunitas yang bisa Anda ikuti:

1. Istirahat dan minum air putih yang cukup
Cara menjaga diri dari cuaca ekstrim yang pertama dimulai dari langkah sederhana. Jangan paksakan diri untuk beraktivitas melebihi batas yang sewajarnya, berikan hak bagi tubuh Anda untuk beristirahat dengan lancar. Selain itu, jangan abaikan konsumsi air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan. Air putih juga dapat mencegah kita agar tidak dehidrasi.

2. Menjaga suhu ruangan
Jika cuaca ekstrim seperti hujan badai terjadi, biasanya situasi ini juga akan mempengaruhi suhu ruangan di rumah Anda menjadi lebih dingin, seperti menutup jendela untuk mencegah masuknya angin dingin.

3. Konsumsi makanan dan minuman yang hangat secara rutin, seperti sup dan teh. Perhatikan juga kondisi bayi dan lansia yang ada di rumah, karena mereka cenderung rentang pada suhu rendah.

4. Mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C adalah penguat daya tahan tubuh yang terbesar, dan sayangnya, tubuh kita tidak menyimpannya. Bahkan, jika kita tidak memiliki kandungan vitamin C yang cukup, tubuh kita akan jauh lebih rentan untuk jatuh sakit. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk meminum suplemen vitamin C 500mg agar kebutuhan harian tercukupi.

Baca: Buat Kaum Pria… Berikut 9 Tips Awet Muda Alami

Baca: RHS Berbagi Tips Sukses dengan Pengusaha Kopi di Saribudolok

5. Sering mencuci tangan
Kita tidak tahu ada kuman apa saja di luar, belum lagi ada banyak benda-benda di luar sana yang juga dipegang oleh orang lain. Untuk mencegah kuman dan virus ikut masuk ke dalam tubuh, sebaiknya kita rutin membersihkan kedua tangan. Mencuci tangan dengan benar adalah salah satu cara menjaga diri dari cuaca ekstrim.

Share this: