Tips Puasa Aman dan Nyaman Bagi Penderita Penyakit Asam Lambung

Share this:
BMG
Ilustrasi. Makanan sehat ramah untuk lambung.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterologi) dari RSCM-FKUI Prof Dr dr Ari Fahrial Syam mengingatkan kepada penderita penyakit asam lambung yang berpuasa agar memilih makanan yang ramah untuk lambung, misalnya rebusan sayur atau makanan manis rendah lemak.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI) itu mengimbau untuk menghindari konsumsi makanan yang terasa asam, pedas, berlemak tinggi terutama pada saat sahur.

“Kurangi konsumsi makanan yang dapat memicu meningkatnya asam lambung, karena lemak tinggi yang terdapat pada makanan bersantan, susu, jeroan, makanan yang digoreng, serta daging, dapat memperberat cara kerja lambung sehingga puasa menjadi tidak nyaman,” ujar Ari, Jumat (16/4/2021).

BacaBerastagi Coffee Terus Mengenalkan Kualitas Kopi Karo

BacaPesan Cerdas Pensiunan TNI AD, Jangan Karena Ada JKN-KIS Lalai Jaga Kesehatan

Dijelaskan, makanan berjenis ‘clean food‘ seperti sayur yang direbus atau protein rendah lemak yang dikukus atau dibakar, serta makanan tanpa rasa pedas dan asam bisa menjadi pilihan sebagai menu sahur. Pasalnya, makanan yang berlemak, pedas serta asam hanya akan memperburuk kondisi lambung.

“Konsumsi makanan tinggi lemak saat sahur dapat membebani lambung. Nantinya, jam 8 pagi perut mulai terasa tidak nyaman. Istilahnya, begah. Jadi malah mengganggu ibadah puasa,” kata Ari.

“Kemudian saat berbuka, baru bisa konsumsi makanan berlemak seperti kolak, gulai atau rendang, tapi yang mindful ya. Jangan berlebihan! Kalau mau konsumsi susu, sebaiknya susu rendah lemak saja supaya aman,” tambah Ari.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: