Buat Kaum Pria… Berikut 9 Tips Awet Muda Alami

Share this:
Ilustrasi

BENTENGTIMES.com – Proses penuaan bagi manusia adalah alami dan tak dapa dihindari. Sebagian orang berpikir bahwa tanda-tanda penuaan seperti kerutan di wajah hanya dapat dihilangkan dengan langkah-langkah medis, seperti operasi. Ternyata ada banyak cara alami yang membuatmu tetap muda, baik dari luar maupun dari dalam.

Simak 9 tips untuk kamu kaum pria;

1. Rajin Melakukan Perawatan Kulit

Kulit merupakan bagian terbesar di tubuh sekaligus menjadi tanda pertama yang dilihat untuk menilai usia seseorang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga merawat kulitmu dengan telaten agar tetap menarik meskipun usia terus bertambah.

Berikut beberapa cara perawatan kulit yang bisa kamu terapkan.

  •  Mengoleskan Tabir Surya

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerutan dan bintik-bintik tanda penuaan pada kulit dalam jangka panjang. Karenanya, rajin-rajinlah mengoleskan tabir surya agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari.

  • Menggunakan Pelembap Secara Teratur dan Cukup Asupan Air

Kurangnya kelembapan atau kulit kering dapat membuat kulit tampak lebih tua. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan sabun pembersih ringan dan pelembap agar kulit tampak lebih muda.

Kamu juga perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar rona kulit tetap terjaga dan membuatnya tampak lebih muda. Orang dewasa disarankan untuk minum air sebanyak 6 sampai 8 gelas per hari atau sekitar 2L.

2. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Kamu perlu sehat dari dalam agar dapat tampak menarik dari luar. Hal tersebut dapat dicapai dengan menerapkan gaya hidup sehat berikut

  • Cukup Tidur

Orang dewasa memerlukan tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Kurang tidur dapat menyebabkan munculnya kantung mata hingga beragam masalah kesehatan yang membuatmu tampak lebih tua.

  • Membatasi Konsumsi Alkohol dan Berhenti Merokok

Kamu sebaiknya membatasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 2 minuman per hari. Bila lebih, beragam masalah kesehatan seperti kerusakan hati bisa terjadi.

Berhentilah merokok. Pasalnya, rokok dapat meningkatkan risiko kanker paru dan penyakit jantung. Tak hanya itu, merokok juga memicu munculnya kerutan pada wajah dan menodai gigi yang membuatmu tampak tua.

3. Diet Sehat

Kelebihan berat badan dapat menurunkan angka harapan hidup sebanyak 3 tahun dan makanan tinggi garam meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, penting bagimu untuk menjaga berat sekaligus menerapkan diet sehat.

Cobalah menerapkan menu makan kaya serat, sedikit daging serta karbohidrat dalam jumlah sedang. Cara ini akan membantumu tetap sehat dan tampak muda.

Cara tersebut juga membantu menjaga asupan kalori. Pasalnya, mengurangi asupan kalori dapat menurunkan produksi hormon yang memperlambat metabolisme. Hal ini dipercaya juga memperlambat proses penuaan.

4. Olahraga

Pria yang sehat dengan tubuh ideal akan merasa sehat sekaligus tampak lebih muda. Maka dari itu, olahragalah secara teratur. Kamu bisa melakukan olahraga aerobik yang dapat menyehatkan jantung dan paru, sekaligus memperpanjang usia.

Tetapi, olahraga jenis lain juga bisa kamu coba. Disarankan untuk memilih olahraga untuk meningkatkan ketahanan (endurance) karena dapat memperlambat penurunan massa otot dan kepadatan tulang, yang merupakan dua tanda penuaan.

5. Memilih Gaya Berpenampilan yang Sesuai

Pemilihan pakaian yang tepat ternyata dapat membuatmu tampak lebih muda. Berikut beberapa saran yang bisa kamu terapkan.

  • Pakaian Klasik

Pilihlah pakaian bergaya klasik yang cocok di segala era. Misalnya, celana jeans gelap dengan jaket dan sepatu kulit. Tidak perlu mengikuti tren anak muda zaman sekarang ataupun bertahan dengan tren mode di masa lalu.

Seiring bertambahnya usia, lebih baik memakai sedikit mungkin aksesoris ataupun perhiasan yang mengilap, seperti cincin atau jam tangan besar juga gelang.

Bila memakai kacamata, lebih baik pilih dengan frame tipis pada bagian bawah. Pasalnya, hal tersebut akan membantu menutupi kerutan halus di sekitar mata. Jauhi kacamata dengan frame bawah tebal seperti kacamata pilot.

  • Pangkas Pendek Rambut

Tanda penuaan dapat dilihat dari pertumbuhan rambut tidak teratur di tempat-tempat yang tak diinginkan. Misalnya di telinga, hidung, ataupun alis. Maka dari itu, selalu jaga rambut-rambut tubuh ini tetap pendek dan rapi.

Selain itu, jaga juga potongan rambutmu tetap pendek dan rapi dengan potongan lebih tipis di bagian tepi. Hal ini akan membuatmu tampak dan merasa lebih muda.

Bila kamu merasa memiliki garis-garis kerutan di area leher, menumbuhkan jenggot pendek dapat membantu menutupinya.

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Pria dengan senyum menawan akan tampak lebih muda. Oleh karena itu, sikatlah gigi secara teratur. Bila ingin memutihkan gigi, pasta gigi dengan pemutih ataupun penggunaan veneer bisa kamu lakukan. Selain hal-hal yang disebutkan di atas, kamu juga perlu mengelola tingkat stres, karena merasa tertekan dalam jangka panjang bisa memicu beragam penyakit seperti tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Kedua hal ini bisa menurunkan angka harapan hidupmu.Stress dapat dikontrol dengan melakukan meditasi, yoga, ataupun mendengarkan musik yang menenangkan.Tips awet muda untuk pria di atas tidaklah sulit untuk diterapkan, seperti melakukan perawatan kulit sederhana dan rajin berolahraga. Cara ini pun membuatmu tampak muda dari luar dan sehat dari dalam.

Jadi, tunggu apalagi, yuk terapkan tips awet muda ini agar menawan tak termakan usia!

Share this: