Sosok Kombes Riko, Punya Harta Rp13 Miliar, Pernah Ditegur Kapolda Sumut

Share this:
BMG
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko.

Kapolda Sumut Irjen Panca: Pak Riko ke Mana Ini, Teman-teman Semua?

Kombes Riko menjabat sebagai Kapolrestabes Medan sejak 18 Mei 2020. Riko menjabat sebagai Kapolrestabes Medan melalui mutasi yang ditandatangani Kapolri saat itu, Jenderal Idham Azis, melalui Surat Telegam Kapolri bernomor: ST/1337/V/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020.

Dia menggantikan Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir yang dimutasi menjadi Kapolrestabes Surabaya, Polda Jawa Timur.

Sebelum menjabat Kapolrestabes Medan, Riko menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Div Propam Polri. Riko diketahui merupakan lulusan Akpol 1995.

Riko pernah ditegur oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dalam rapat evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pada Rabu (14/7/2021) lalu. Dalam rapat evaluasi itu, Panca mengaku kaget saat hari kedua PPKM darurat, petugas di lapangan justru tidak terlihat.

Panca pun mengutarakan kekesalannya saat dia pulang dari kantor menuju rumah dinasnya melihat pos-pos penyekatan justru lalai dalam mengawasi.

Dia bahkan melihat masih banyak pengendara yang lalu lalang di jalanan Kota Medan. Padahal, Medan sudah melakukan PPKM Darurat. Di mana seharusnya anggota kepolisian di lapangan membatasi mobilitas masyarakat.

“Saya bingung itu, begitu kemarin malam jadi berubah kok masih banyak orang jalan, beda dengan hari Senin. Seharusnya, semakin lama semakin bagus, harusnya makin lama makin baik,” kata Panca.

Panca lantas menegur Kapolrestabes Medan Kombes Riko yang hadir dalam rapat evaluasi PPKM darurat itu. Dia menanyakan ke mana anggota-anggota kepolisian dari Polrestabes Medan, yang ditugaskan menjaga pos penyekatan.

“Halo teman-teman, ke mana ini semuanya?” tanya Panca.

“Pak Riko ke mana ini, teman-teman semuanya? Nanti kalau bapak turun ke jalan, lu kaget-kaget,” ujarnya.

Kapolrestabes Medan yang menerima teguran hanya terdiam.

BacaTerlibat Narkoba, Oknum Polisi Dapat ‘Korting’ Hukuman di PN Siantar

BacaPersiapan Vaksin Booster di Sumut, Baskami Dorong Pemda Genjot Vaksinasi Dosis 1 dan 2

Selain Kapolrestabes Medan, Kasat Lantas Polrestabes Medan pun turut menerima teguran, karena dianggap tidak bekerja maksimal.

“Begitu bapak turun, Kasat Lantas ke mana tadi malam? Hei.. pak wadir lantas, ke mana bos?” tanya Kapolda kepada Kasat Lantas dan Wadirlantas. Dan dijawab Kasatlantas Polrestabes Medan; “siap.”

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: