Sosok Kombes Riko, Punya Harta Rp13 Miliar, Pernah Ditegur Kapolda Sumut

Share this:
BMG
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko.

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Polrestabes Medan kini menjadi perbincangan hangat publik di Sumatera Utara. Pucuk pimpinan hingga bawahan pada institusi Polri yang bermarkas di ibukota Provinsi Sumatera Utara itu diterpa perkara dugaan menerima suap dari bandar narkoba.

Diantara mereka yang diduga terlibat menerima suap, sosok Kombes Pol Riko Sunarko, Kapolrestabes Medan, menjadi perhatian publik. Namanya muncul ke permukaan bermula dari kesaksian oknum polisi Sat Resnarkoba Polrestabes Medan, Bripka Rikardo Siahaan, yang tengah menjadi pesakitan di Pengadilan Negeri  (PN) Medan.

Dalam kesaksiannya, Rikardo menyebut sejumlah atasannya termasuk Kapolrestabes Medan ada menerima uang sebesar Rp75 juta yang dipakai membeli sepeda motor sebagai hadiah bagi oknum anggota Kodam I/Bukit Barisan. Rikardo mengungkapkan, total uang yang mengalir ke sejumlah atasannya sebesar Rp300 juta.

Namun, Kombes Riko telah membantah seluruh tudingan itu.

“Mana ada, mana ada. Enggak ada ah,” ujar Riko, Rabu lalu.

Dia mengatakan, pemberian sepeda motor itu sama sekali tidak ada hubungan dengan uang suap dari istri terduga gembong narkoba bernama Jus.

“Itu kan kasus (suap) akhir Juni (2021). Kita, pemberian motor kan awal Juni. Tanggalnya, saja sudah lain. Enggak mungkin kita pakai itu,” kata Riko.

Terkait kasus itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bakal menelusuri dugaan tersebut.

“Yang jelas kalau kaitannya dengan pelanggaran anggota, saya tidak pernah berubah. Kita komit, semua akan kita cek, kita periksa,” tegas Sigit, Minggu.

BacaInstitusi Polri Tercoreng! Oknum Polisi di Tanjungbalai Diringkus, Barang Bukti 2 Kg Sabu

BacaDugaan Aliran Suap Bandar Narkoba ke Kapolrestabes Medan, Kapolda Sumut: Saya Sudah Bentuk Tim

Dia menegaskan, kalau memang sejumlah pejabat Polrestabes Medan terbukti menerima suap, maka akan diproses secara hukum.

“Kalau terbukti, pasti kita proses,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya >>>

Harta Kekayaan Kombes Riko

Share this: