Antisipasi Kenaikan Harga Pangan dan Energi, Ini ‘Titah’ Luhut ke Gubernur, Bupati, Walikota..

Share this:
BMG
Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan. (Latar) Walikota Siantar Susanti Dewayani bersama Uspida mengikuti rakor pengendalian inflasi daerah yang dipimpin Menko Marvest, secara virtual dari Ruang Command Center (CC) Pemko Siantar, Selasa (30/8/2022).

67 Kota Lampaui Target Inflasi, di Mana Saja…

Sementara, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengingatkan, perlunya waspada terhadap kenaikan harga komoditas bergejolak, komoditas yang diatur pemerintah, serta komoditas energi, dan komoditas pangan yang diimpor.

Disampaikan bahwa komoditas penyumbang andil inflasi terbesar yang sering muncul, yaitu cabai merah, bawang merah, rokok kretek, ikan tongkol, dan angkutan udara.

Margo mengungkapkan, sebanyak 67 dari 90 kota telah mencapai tingkat inflasi di atas target 2022, yaitu di atas 4 persen, seperti Jambi 6,9 persen, Bungo 6,94 persen, Gunung Sitoli 6,70 persen, Padang 6,51persen, Pekanbaru 6,41persen, dan lainnya.

Kenaikan harga yang relatif tinggi pada komoditas dengan bobot besar, menurut Margo, akan memberi sumbangan yang signifikan terhadap inflasi.

Dia mengatakan, sebagian komoditas merupakan kelompok yang harganya diatur oleh pemerintah (administered price) seperti bensin dan tarif listrik. Sedangkan, sebagian lagi merupakan komoditas pangan bergejolak yang suplainya perlu dikendalikan.

“Sebagian komoditas dengan bobot besar seperti, sewa rumah, kontrak rumah, dan mobil perumahan merupakan bagian dari perhitungan inflasi inti, yang sangat memengaruhi stabilitas makro ekonomi,” terangnya.

Sedangkan, kenaikan harga pada komoditas berbahan baku impor, seperti produk olahan tepung gandum dan kacang kedelai yang banyak dikonsumsi masyarakat juga perlu diwaspadai. Dijelaskan juga bahwa kenaikan harga BBM memberikan dampak buruk kepada penduduk miskin.

Amatan media, turut hadir di Ruang CC Pemko Pematang Siantar antara lain, Kajari Siantar Jurist Precisely Sitepu SH MH, Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy Suherman, Kapolres Siantar diwakili Muri Yasnal, Kepala KPw Bank Indonesia Pematang Siantar diwakili Abdan Abdila.

BacaBalei Merah Putih, Persembahan Telkom Untuk Siantar Jadi Smart City

BacaHarga Ayam Meroket di Sumut, Tembus Rp42 Ribu per Kg

Kemudian, Sekda Siantar Budi Utari Siregar AP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Zainal Siahaan SE MM, Kabag Perekonomian Hendra T Simamora SSTP, dan Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Pematang Siantar Elpiani Turnip.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: