Antisipasi Kenaikan Harga Pangan dan Energi, Ini ‘Titah’ Luhut ke Gubernur, Bupati, Walikota..

Share this:
BMG
Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan. (Latar) Walikota Siantar Susanti Dewayani bersama Uspida mengikuti rakor pengendalian inflasi daerah yang dipimpin Menko Marvest, secara virtual dari Ruang Command Center (CC) Pemko Siantar, Selasa (30/8/2022).

SIANTAR, BENTENGTIMES.com– Indonesia dihadapkan pada tantangan ekonomi yang tidak mudah di tengah ketidakpastian ekonomi global. Meski saat ini Indonesia berada pada posisi yang baik, tetapi Indonesia masih dihadapkan pada tantangan inflasi, terutama inflasi pangan dan energi.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Panjaitan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual, Selasa (30/8/2022) mulai pukul 08.00 WIB.

Menurut Luhut, menghadapi tantangan itu, penanganan harus dilakukan secara cepat dan terintegrasi sebagaimana penanganan pandemi Covid-19, dengan tujuan utama meringankan beban ekonomi masyarakat.

Pertemuan secara rutin harus dilakukan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, dan Polri untuk mengantisipasi inflasi pangan maupun energi.

Untuk itu, Luhut meminta gubernur, bupati, walikota, termasuk kepada Walikota Siantar Susanti Dewayani yang mengikuti rakor secara virtual dari Ruang Command Center (CC) Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, agar bekerjasama dengan kementerian, lembaga, dan Bank Indonesia (BI) melakukan antisipasi kenaikan harga pangan dan energi pada sisa tahun 2022.

“Saya minta diidentifikasi dengan rinci ketersediaan suplai (perkiraan sampai dengan akhir tahun) dan permintaan pangan di daerah masing-masing,” tegas Luhut.

Dia kembali menegaskan, langkah-langkah untuk memastikan ketersediaan suplai pangan, terutama bahan pangan yang secara historis trennya akan meningkat, harus dilakukan sejak saat ini.

Walikota Siantar Susanti Dewayani saat mengikuti rakor Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual, Selasa (30/8/2022).

BacaJeruk Simalungun di Saribu Jandi, Penghasilan Hampir Rp2 Triliun per Tahun

BacaPemko Siantar Berbenah, Dinas Koperasi Akan Diberi Peran Lebih Banyak Lagi Demi Kemajuan UMKM

Langkah-langkah dimaksud di antaranya mempersiapkan cold storage, melakukan penanaman tanaman pangan di luar sentra produksi dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat, dan memastikan kelancaran distribusi.

Halaman Selanjutnya >>>

Terkait Kemungkinan Kenaikan Harga BBM, Luhut Bilang Begini..

Share this: