2018, Pemerintah Desa Semangat Bangun Jalan Rabat Beton 1.906 Meter

Share this:
BMG
Salahsatu proyek jalan rabat beton di Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo. Foto ini diabadikan Minggu (16/12/2018).

KARO, BENTENGTIMES.com– Pemerintah Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2018 untuk membangun jalan rabat beton sepanjang 1.906 meter. Pembangunan rabat beton berbiaya Rp486.408.000 juta itu, tersebar di empat titik.

Kepala Desa (Kades) Semangat Resmando Sinulingga mengatakan, pembangunan jalan rabat beton di areal pertanian desanya sangat mendesak. Ia mengatakan, jika tidak segera dibangun, maka jalan produksi pertanian akan berlumpur, terutama di musim hujan.

“Harapan kita, setelah dibangun jalan ini dapat memperlancar aktivitas warga, terutama ketika mengangkut hasil pertanian dan sebagainya,” ujar Resmando, kepada BENTENG TIMES, Minggu (16/12/2018).

Resmando menyebutkan, ke empat lokasi pembangunan rabat beton itu, masing-masing di Juma Liku, Juma Kenjulu, Juma Pasar, dan Juma Belakang, dengan panjang 1.906 meter, lebar 1,3 meter, dan ketebalan 13 cm. Bangunan di Juma Kenjulu merupakan yang paling panjang dibanding yang tiga titik lagi, dengan panjang 450 meter.

BacaIndikasi Penyimpangan Dana Desa di Temburun Diadukan ke DPRD Karo

BacaLima Solusi Mengatasi Persoalan Jalan Rusak di Desa Cerumbu, Mardingding

Selain memudahkan akses sarana pertanian, dengan adanya pengerjaan rabat beton ini juga menciptakan lapangan kerja bagi warga Desa Semangat.

“Untuk itu, kami dan seluruh staf Desa Semangat beserta warga masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengalokasikan anggaran demi kemajuan masyarakat di wilayah Desa Semangat ini,” katanya.

Selain membangun rabat beton, Pemerintah Desa Semangat juga membangun lampu jalan sebanyak 27 titik, dengan anggaran senilai Rp83.777.000.

BacaDibangun Pakai Dana Desa, Jambur Merga Silima Desa Tiga Panah Diresmikan

BacaFokus Dana Desa Bukan Lagi Infrastruktur tapi Pemberdayaan Ekonomi dan SDM

Atas pembangunan itu, warga setempat M Sinuhaji (45) dan A Sembiring (39) menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Semangat. Dengan adanya pembangunan rabat beton ini, maka akses menuju areal perladangan mereka menjadi lancar.

“Kami bangga memiliki seorang pemimpin yang peduli dengan pembangunan di desa. Kepala desanya juga terbuka dan transparan dalam mengelola dana desa karena melibatkan semua unsur, baik dari BPD, LPM, dan masyarakat. Mudah-mudahan, pembangunan ini terus dilanjutkan tiap tahunnya,” tandas Sinuhaji.

Share this: