Kendalikan Inflasi, BI Perdalam Koordinasi di Zona Tapanuli Bagian Utara

Share this:
Kepala KPw BI Sibolga Suti Masniari Nasution, Bupati Taput Nikson Nababan, foto bersama usai melakukan diskusi di pendopo rumah dinas Bupati Taput.

Katanya, Tapanuli Bagian Utara merupakan Zona 1 yang ditetapkan dalam HLM-TPID KPw BI Sibolga terdiri dari Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Humbang Hasundutan (Humbahas), Toba Samosir (Tobasa) dan Samosir.

“Kita baru mengunjungi Kabupaten Taput, yang kerap menyuplai komoditas pangan ke Kota Sibolga. Dengan adanya zonasi, penentuan wilayah berdasarkan karakteristik dan keunggulan diharapkan dapat juga meningkatkan kapasitas ekonomi wilayah bersangkutan,” pungkasnya.

Menurutnya, diskusi atau sharing dengan Bupati Taput dan kepala daerah lainnya harus terus ditingkatkan dan bersinergi agar kemudian wilayah Tapanuli Raya dan Kepulauan Nias dapat lebih cepat perkembangannya.

“Tidak hanya melalui forum TPID, pengembangan ekonomi melalui skema pengembangan UMKM juga diharapkan terus ditingkatkan. Melalui kerja sama skema pengembangan UMKM, BI Sibolga berharap dapat terus bersinergi mengembangkan komoditas-komoditas unggulan di Taput dan sekitarnya (Zona 1),” ujarnya.

Saat ini, komoditas cabai merah merupakan komoditas andalan Taput, bahkan dapat dikatakan Taput adalah sentra produksi cabai merah yang banyak didatangi pedagang dari berbagai wilayah, termasuk luar Provinsi Sumatera Utara.

Share this: