Pasca Pandemi Covid-19, Kunjungan Wisman ke Sumut Meningkat

Share this:
Pantai Tandarabun, salah satu pantai di Kawasan Danau Toba.

MEDAN, BENENGTIMES.com – Gejolak paariwisata Sumatera Utara (Sumut) kembali bergeliat, dimana pasca pandemic Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumut pada tahun 2023 mengalami peningkatan, bila dibandingkan dengan tahun 2021 dan 2022.

Baca: Aksi Brutal Preman di Danau Lau Kawar, Wisatawan Dikeroyok, Pelaku Teriak Bakar

Baca: Siapa Memiliki Teknologi yang Kuat, Merekalah Penguasa Industri Pariwisata

Data dari Dinas Pariwisata Sumatera Utara menunjukkan, jumlah kunjungan wisman pada tahun 2021 sebanyak 230 orang, lalu pada tahun 2022 meningkat jadi 74.498 orang, dan pada periode Januari-Juni 2023 mencapai 94.815 orang.

Menurut Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Geopark Kaldera Toba yang masuk daftar UNESCO Global Geopark lebih memudahkan promosi destinasi wisata di Danau Toba ke kancah internasional.

“Pemerintah Provinsi Sumut, bersama Pemerintah Kabupaten sekawasan Danau Toba, masyarakat dan pemangku kepentingan mengembangkan Geopark Kaldera Danau Toba yang sudah masuk ke dalam daftar UNESCO Global Geopark,” ujar Edy, yang dikutip dari Antara, Kamis (10/8/2023).

Dengan demikian, jumlah kunjungan wisman dapat meningkat sekaligus mendorong peningkatan pendapatan masyarakat setempat dan pendapatan asli daerah.

Pada tahun 2022, Badan Pusat Statistik Sumatera Utara mencatat 74.498 wisman masuk provinsi tersebut lewat Bandara Kualanamu, Pelabuhan Laut Belawan, Pelabuhan Laut Tanjungbalai Asahan, dan Bandara Silangit.

Dari jumlah tersebut, 62.753 orang di antaranya berasal dari Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.
Adapun pada tahun yang sama wisman dari negara Asia lainnya, misalnya dari India, China, Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan, yang datang ke provinsi tersebut berjumlah 2.436 orang.

Baca: Delegasi Rusia Elena Myakotnikova Sibur Akui Danau Toba Sangat Indah: Saya Janji Datang Kembali

Baca: Chair W20 Uli Silalahi: 4 Poin Terkait Isu Perempuan yang Penting Diangkat dalam KTT G20

Selanjutnya wisman dari Eropa yang berkunjung sebanyak 6.364 orang dari beragam negara yaitu Belanda, Jerman, Perancis, Austria, Belgia, Denmark, Italia, Spanyol, Portugal, dan Inggris. Ada juga wisman asal Amerika Serikat berjumlah 1.244 orang dan wisman asal Afrika sebanyak 97 orang.

Share this: