Wow! Harga Tanah Melonjak 100 Persen di Sekitar Pantai Bulbul

Share this:
Pantai pasir putih di tepian Danau Toba di Lumbansibulbul, Balige, Kabupaten Tobasa.

TOBASA, BENTENGTIMES.com – Objek wisata Pantai Bulbul, Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang kini semakin ramai dikunjungi wisatawan membuat harga tanah di sekitar wilayah itu naik 100 persen. Jika sebelumnya harga tanah sekitar Rp150 ribu per meter persegi, kini melonjak jadi Rp300 ribu per meter persegi.

Sondang Simangunsong, warga sekitar mengatakan bhahwa kenaikan harga tanah di desanya terjadi sekitar tiga tahun belakangan, sejak dijadikannya Pantai Bulbul menjadi objek wisata berbasis pantai pasir putih.

(BACA: Lapor! Wisatawan Dikutip Uang Antre di Pelabuhan Ferry Danau Toba)

“Sebelumnya harga masih seratusan ribu per meter, setelah objek wisata ini, bertahap meningkat. Sekarang lebih dari Rp150 ribu per meter, itu pun kalau masih ada,” ujarnya.

Senada disampaikan Sumurung Marpaung. Dia mengatakan bahwa terjadi perubahan signifikan di Pantai Bulbul dalam kurun waktu 3 tahun belakangan, dimana daerah ini selalu ramai pengunjung dan bedampak positif bagi warga sekitar.

“Tiga tahun lalu wilayah ini cukup sepi, bahkan karena sepinya di malam hari perkampungan ibarat desa tertinggal karena gelap. Tapi kini aktivitas warga sudah ramai dan lampu sudah terang benderang,” ujarnya.

(BACA: Servis Dua Paket Wisata Danau Toba Pikat Wisatawan Asian Games)

Dia juga mengatakan bahwa harga tanah di desanya itu meningkat, dan peningkatan paling tajam terjadi pada tahun ini.

“Harganya sudah selangit, setelah keramaian terus di desa ini banyak warga lain menanyakan apakah ada lahan yang mau dijual. Bahkan, para peminat berani buat harga lebih,” ujarnya.

(BACA: Danau Toba akan Jadi Pusat Wisata di ASEAN, Masyarakat dan Gereja Harus Terlibat)

Dan, atas minat yang begitu tinggi, para prantau pun kini berlomba-lomba pulang kampung untuk mengelola tanah warisan keluarga untuk dijadikan lokasi usaha.

Share this: