Solusi Radiapoh Sinaga Agar Guru Terhindar dari Pungli di Simalungun

Share this:
BMG
Radiapoh Hasiholan Sinaga, bakal calon Bupati Simalungun.

Tujuan utama dari pendidikan adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan adalah jembatan bagi anak didik untuk dapat memasuki dunia kerja.

Oleh karena itu, pendidikan yang berkualitas di Simalungun sangat dibutuhkan untuk meningkatkan potensi bakat dan minat anak didik sebelum nantinya masuk ke dunia kerja.

“Apalagi dalam waktu dekat ini kita akan bersiap menghadapi revolusi industri 4.0. Dimana, segala sesuatu pekerjaan yang semula begitu sulit, begitu lama, begitu mahal dalam proses produksi, akan jadi mudah, cepat dan murah. Inilah tantangan yang akan dihadapi bagi anak-anak didik di Simalungun,” ujar Radiapoh.

Radiapoh melanjutkan, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, ada empat kompetensi yang harus dipenuhi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial.

Untuk memenuhi empat kompetensi sesuai amanat undang-undang, pelatihan kepada guru sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guru, termasuk pelatihan mengajar yang disesuaikan dengan perkembangan zaman seperti pemanfaatan teknologi.

Kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, pembekalan, dan pemberdayaan guru tentu sangat penting untuk meningkatkan kualitas guru. Peningkatkan sarana belajar mengajar juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kompetensi guru.

“Hal ini akan meningkatkan kompetensi profesional guru yang akan berimbas positif terhadap peningkatan kualitas anak didik,” ucap Radiapoh.

BacaGuru SMTP Raya Helman Sudarno: Maju Terus, Radiapoh!

Dengan begitu, para guru, terutama di Kabupaten Simalungun, diharapkan dapat lebih fokus dalam meningkatkan kualitas proses mengajar kepada siswa. Tidak lagi dijejali dan disibukkan dengan administrasi yang membuat waktu guru tersita.

Share this: