JR-Ance, Pasangan Baja yang Lahir dari Proses Kegetiran

Share this:
Pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara JR Saragih-Ance Selian.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Banyak tokoh-tokoh penting di negeri ini yang menduduki jabatan tinggi yang berasal dari keluarga yang ekonominya sulit, tinggal jauh di pelosok desa tertinggal. Namun, semua kesulitan itu berhasil dalalui dan akhirnya mendapatkan tempat istimewa di Negara ini.

Sama halnya dengan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara Jopinus Ramli Saragih-Ance Selian. Pasangan ini telah melalui kehidupan yang begitu getir, hidup dalam kemiskinan, menjadi buruh kasar untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup dan bersekolah.

JR Saragih, biasa ia disapa, berhasil menjadi seorang tentara berkat kegigihannya yang akhirnya mendapatkan simpati dari para anggota TNI dimana ia bekerja sebagai buruh galian pasir di Puskopad (Pusat Koperasi Angkatan Darat).

Dia terpaksa bekerja sebagai buruh kasar karena tidak memiliki biaya untuk bersekolah di Jakarta. Sebelumnya, sejak SD dan SMP, dia bersekolah di kampung halamannya, di Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun dan di Kabupaten Karo. Di sana pun, ia tetap hidup mandiri karena sejak usia 1 tahun dia sudah ditinggal mati ayahnya dan ia harus tinggal dengan neneknya, Tapi br Purba di Pamatang Raya.

(Baca: Anda Perlu Tahu Biar Jangan Asal Pilih)

Di Puskopad, karena sering bergaul dengan para tentara, JR Saragih pun sering ikut latihan menembak dan akhirnya dia terpilih sebagai atlet menembak dan prestasi inilah yang memuluskan karirnya terjun ke militer.

Lulus dari SMA, JR Saragih mengikuti tes Akademi Militer dan dia diterima sebagai taruna di kampus Akademi Militer (Akmil) di Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah, yang dibiayai oleh negara. JR Saragih menamatkan pendidikan militernya pada tahun1990-an.

Share this: