Rusia vs Arab Saudi: Minim Kreativitas

Share this:
Para pemain Timnas Rusia saat latihan.

Dari empat laga tersebut, Golovin dan kolega hanya mampu mencetak dua gol. Dua gol itu mereka ciptakan ke gawang Prancis dan Turki. Sementara ketika berhadapan dengan Brasil dan Austria, Rusia tak berhasil mencetak gol.

Hal tersebut tak lepas dari tidak kreatifnya lini tengah dan depan Rusia. Mereka boleh saja memiliki Golovin, Alan Dzagoev, Daler Kuyzaev, hingga Anton Miranchuk. Namun, nama-nama tersebut tak berhasil mendongkrak Rusia menjadi tim yang punya serangan-serangan berbahaya.

Dalam beberapa uji tanding terakhir, lini tengah Rusia terlihat kaku dan tanpa arah. Formasi 4-1-4-1 pun sudah dicoba Cherchesov agar timnya mampu lebih ofensif, tetapi nyatanya sama saja. Dengan demikian, Smolov yang biasa jadi striker tunggal pun kesulitan untuk membobol gawang lawan.

Di laga kontra Arab Saudi nanti, Cherchesov jelas perlu membuat timnya jauh lebih kreatif jika ingin memenangi pertandingan. Mereka mungkin bisa memanfaatkan situasi bola mati sebagai opsi untuk mencetak gol, tapi di luar itu, Rusia harus tahu cara untuk setidaknya membuat pertahanan Arab Saudi kerepotan dan panik.
Sementara itu, Arab Saudi punya bekal yang bagus untuk menghadapi Rusia. Mereka punya pemain-pemain depan yang cepat dan itu bisa menjadi senjata utama untuk membongkar pertahanan Rusia yang lambat. Tengok saja Sergei Ignashevich yang akan jadi andalan Rusia di jantung pertahanan sudah berusia 38 tahun.

Menghadapi nama-nama seperti Al-Muwallad, Al-Sahlawi, hingga Al-Dawsari, Ignashevich atau bahkan Granat bisa kalang kabut. Belum lagi Rusia juga punya bek-bek sayap yang sudah uzur dan tak cepat. Yuri Zhirkov atau Mario Fernandes adalah contohnya. Di sini, Arab Saudi bisa memanfaatkannya, terutama ketika melancarkan serangan balik.

Dengan formasi 4-2-3-1 andalan Pizzi yang memang bertumpu pada kecepatan dalam melancarkan serangan, Arab Saudi benar-benar bisa menjadi ancaman serius bagi Rusia. Terlebih, mereka mampu membobol gawang Italia dan Jerman dalam dua dari tiga laga uji tanding terakhirnya.

Share this: