Rusia vs Arab Saudi: Minim Kreativitas

Share this:
Para pemain Timnas Rusia saat latihan.

RUSIA, BENTENGTIMES.com – Laga pertama Piala Dunia 2018 akan dihelat pada Kamis (14/6/2018) pukul 22.00 WIB. Tuan rumah Rusia akan ditantang oleh Arab Saudi. Memang, laga Rusia versus Arab Saudi bukanlah pertarungan akbar. Kedua tim bukan jagoan di Piala Dunia 2018, dan mereka juga tak punya bintang yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Satu-satunya yang membuat laga ini ‘wah’ hanyalah statusnya sebagai laga pembuka Piala Dunia.

Menjelang laga ini, kedua kesebelasan sama-sama memiliki optimisme tinggi untuk menang. Rusia tahu, sebagai tuan rumah, mereka harus memberikan hadiah tiga poin bagi para suporternya. Selain itu, kemenangan juga bisa jadi penegasan bahwa mereka memang layak tampil dan bersaing di Piala Dunia.

Sementara bagi Arab Saudi, ini juga laga pembuktian. Pasukan Juan Antonio Pizzi ingin menunjukkan bahwa Arab Saudi bukanlah kurcaci di Rusia. Mereka tak hanya ingin menjadi peramai dan numpang lewat saja. Arab Saudi ingin bersaing dan itu akan dibuktikan di laga versus Rusia.

Beruntung, untuk mewujudkan ambisi-ambisi tersebut, kedua kesebelasan punya satu bekal yang apik: kondisi skuat mereka sempurna. Artinya, baik Rusia maupun Arab Saudi sama-sama bisa menurunkan susunan pemain terbaik yang mereka punya.

Di kubu Rusia, pelatih Stanislav Cherchesov, bisa menurunkan pemain-pemain terbaiknya. Dari mulai Igor Akinfeev di pos penjaga gawang, Vladimir Granat di lini belakang, Daler Kuzyaev serta Aleksandr Golovin di lini tengah, hingga Fedor Smolov di lini depan bisa diturunkan sejak awal.

Pun begitu dengan kubu Arab Saudi. Pizzi bisa menurunkan pilar andalannya, seperti Salem al-Dawsari, Yahya al-Shehri, Fahad al-Muwallad, Osama Hawsawi, hingga Yasser al-Shahrani bisa dimainkannya dalam formasi andalan 4-2-3-1 untuk mampu memberikan kejutan buat Rusia.

Rusia boleh saja bakal tampil dengan kekuatan terbaik mereka. Tapi, mereka memiliki satu masalah akut: tidak kreatif. Hal tersebut yang kerap membuat Rusia kesulitan membobol gawang lawan-lawannya. Jika tak percaya, tengok saja empat uji tanding terakhir mereka.

Share this: