Menpora Cek Kesiapan PON XXI Sumut: Saya Harus Apresiasi

Share this:
Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo saat berkunjung ke Medan.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengecek progress persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Sumatera Utara (Sumut), Jumat (4/8/2023).

Pria yang disapa Dito Ariotedjo mengakui persiapan Sumut sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XXI cukup matang terutama dalam hal anggaran yang terbilang detail dan rinci.

Baca: Gubsu Edy Jewer Lalu Usir Pelatih Biliar Saat Penyerahan Bonus Atlet: Kenapa Tak Tepuk Tangan?

Baca: Adu Banteng Mazda2 AP4 Vs Mitsubishi Lancer Evo X di Danau Toba Rally 2021

Dito yang datang bersama Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman, menganggap Sumut benar-benar siap menjadi tuan rumah PON XXI.

“Saya harus apresiasi, saya lihat persiapannya, perencanaannya matang, sangat siap, perkembangan pembangunannya setelah saya lihat sangat banyak,” kata Dito saat Rapat Koordinasi Persiapan PON 2024 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan.

Penilaian serupa juga disampaikan Marciano Norman. “Hasil visitasi kami, progress Sumut sangat menggembirakan, progress pembangunan venue berjalan dengan baik, kita akan terus pantau,” katanya.

Pada pertemuan ini Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap ada kepastian anggaran dalam penyelenggaraan PON. Sehingga pemerintah daerah bisa mempersiapkan anggaran sesegera mungkin.

“Ini sangat penting karena penganggaran tahun depan kita susun tahun ini, dan itu relatif tidak singkat pengesahannya, teman-teman gubernur lain juga butuh kepastian, itu karena mereka akan mengirim kontingennya,” kata Edy Rahmayadi.

Ketika ditanya soal stadion utama, Edy Rahmayadi mengatakan pembangunan akan dilakukan bulan depan. Sedangkan venue lainnya sedang dalam proses pembangunan.

“Kalau martial art dan atletik di Desa Sena, sudah mulai pengerjaannya, kalau stadion menurut keterangan Bu Esi dari PUPR akhir Agustus akan selesai tender, berarti bulan 9 bisa mulai bekerja,” kata Edy Rahmayadi.

Baca: Anak Sinabung Pendulang Prestasi Berharap Perhatian Lebih Pemkab Karo

Baca: Peringkat Merosot di PON Papua, Baskami Ginting: Saatnya Benahi Olahraga Sumut

Hadir pada rapat koordinasi ini Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Jawari serta Bupati/Wali Kota yang wilayahnya digunakan untuk PON 2024. Hadir juga perwakilan dari Kementerian PUPR, Kementerian PMK serta OPD Pemprov Sumut terkait

Share this: