Anggota TNI Temukan 3 Hektare Ladang Ganja di Madina, Langsung Dibakar

Share this:
Gambar ilustrasi penemuan ladang ganja.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Anggota TNI menemukan ladang ganja seluas 3 hektare di Bukit Tor Sihite, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kamis (21/9/2023). Mereka kemudian langsung melakukan pemusnahan dengan cara membakarnya.

Baca: Ditemukan 1 Ha Ladang Ganja di Nias, Polisi Terluka Terkena Ranjau Paku

Baca: Hasil Pengembangan, Ditemukan Ladang Ganja Siap Panen di Desa Beganding Karo

Kapendam I Bukit Barisan Kolonel Inf Rico J Siagian mengatakan, pengungkapan ini bermula dari laporan intelijen bahwa di lokasi kejadian banyak ditanami ganja. Selanjutnya Komandan Korem 023/KS Kolonel Inf Lukman Hakim bersama anggotanya mengecek ke lokasi. Menurut Rico, jalan menuju ladang ganja cukup berat.

“Setelah dua jam berkendara dari Kota Panyabungan menuju Desa Rantau Natas, Kecamatan Panyabungan Timur, tim kembali melanjutkan pergerakan dengan jalan kaki selama enam jam, barulah lokasi ladang ganja ditemukan,” ujar Rico dalam keterangannya, Sabtu (23/9/2023).

Setibanya di lokasi, tim menemukan ladang ganja seluas 3 hektare. Lahan itu ditanami sekitar 35.000 batang pohon ganja siap panen. “Selanjutnya tim melaksanakan pemusnahan dengan cara dicabut dan dibakar. Pemusnahan sebagai bentuk komitmen TNI AD khususnya Korem 023/KS dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba yang dapat merusak generasi bangsa,” ujar Rico.

Baca: Pejabat Karo Rame-rame ke Perladangan Kenjahe, ‘Panen’ 19 Batang Ganja

Baca: 150 Kg Ganja asal Mandailing Natal Disita Polres Jakarta Barat

Terkait pelaku penanaman ganja di bukit tersebut, Rico mengatakan, pihaknya masih menyelidiki temuan ini. Di sisi lain pihaknya juga memberikan bantuan bibit pertanian kopi, jagung, pepaya california, pupuk cair kepada masyarakat. “(Tujuannya) agar masyarakat beralih dari menanam ganja menjadi menanam tanaman yang bermanfaat dan tidak melanggar hukum,” tandasnya.

Share this: