Vihara di Sibolga Terbakar, Api Berasal dari Gudang Buku

Share this:
Vihara Avalokitesvara di Kota Sibolga terbakar.

SIBOLGA, BENTENGTIMES.com – Kebakaran terjadi di Vihara Avalokitesvara di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Senin (18/9/2023) pukul 21.20 WIB. Api bersumber dari gudang buku.

Kasi Humas Polres Sibolga Iptu Suyatno mengatakan, berdasarkan keterangan petugas jaga malam, sebelum kejadian awalnya tercium bau asap dari dalam gudang buku di lantai 1 vihara tersebut. Setelah diperiksa ternyata juga ada kobaran api.

Baca: Terduga Teroris Tanjungbalai Berencana Ledakkan Markas Polisi dan Vihara

Baca: Kamu Wajib Hati-hati! HP Terbakar di Saku, Ketua Karang Taruna Terluka

“Mereka (petugas malam) berusaha membuka pintu gudang yang terkunci, tetapi upaya mereka gagal. Mereka segera meminta bantuan dari masyarakat, tetapi api dengan cepat merembet ke lantai 2 vihara,” ujar Suyatno, Selasa (19/9/2023).

Selanjutnya sekitar pukul 21.30 WIB, lima unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk memadamkan api. Tim dari kepolisian, TNI, Satpol PP dan warga juga ikut membantu. “Sekitar pukul 23.00 WIB, api berhasil dipadamkan,” ujar Suyatno.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, kerugian kebakaran ditaksi mencapai Rp300 juta. Mengenai penyebab kebakaran, polisi masih menyelidikinya. “(Namun) saksi-saksi menduga bahwa api berasal dari korsleting arus listrik, karena sebelum kejadian terdengar suara kipas angin yang masih menyala di dalam gudang yang terkunci,” ujar Suyatno.

Baca: Kebakaran Rumah di Medan Helvetia, Bocah Histeris, Ternyata Neneknya Meninggal Terbakar

Baca: Tempo 30 Menit, Enam Rumah di Gunungsitoli Hangus Terbakar

Kata Suyatno, kebakaran ini menjadi atensi Kapolres Sibolga AKBP Taryono. Pihaknya akan melakukan olah tempat kejadian perkara terkait kebakaran tersebut. “Peristiwa tragis ini akan tetap menjadi perhatian, dan kita berharap agar penyelidikan lebih lanjut dapat memberikan wawasan yang lebih jelas tentang penyebab kebakaran di Vihara Avalokitesvara ini,” tutupnya.

Share this: