Sebentar Lagi, Medan-Kisaran Hanya 2 Jam

Share this:
Kondisi Jalan Tol Medan-KIsaran.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan Jalan Tol Indrapura-Kisaran yang memiliki panjang 47,75 km segera rampung. Dikatakan, progres pengerjaan fisik terdiri 2 seksi dengan progres total 87,49 persen dan progres pengadaan lahan mencapai 99,59 persen.

Koentjoro mengatakan, untuk seksi 1 Indrapura-Limapuluh sepanjang 15,6 km sudah mencapai 98 persen sehingga sudah dilaksanakan Provisional Hand Over (PHO) atau Serah Terima Sementara Pekerjaan selama 3 hari, dari Senin (31/7/2023) hingga Rabu (2/8/2023) lalu.

Baca: Rencana Pembangunan Jalan Tol Medan-Berastagi Segera Dimatangkan

Baca: Desakan Pemkab Karo dan DPRD Sumut kepada Menteri PUPR Untuk Pelebaran Jalan

Sementara untuk pembangunan Seksi 2 Limapuluh-Kisaran sepanjang 32,15 km juga terus berprogres mencapai lebih dari 80 persen. “Proyek yang dimulai sejak Februari 2020 lalu, dirancang dengan kecepatan 100 km/jam, akan mempercepat waktu tempuh dari Medan menuju Kisaran dari awalnya 4 jam bisa dipangkas separuhnya (2 jam). Melalui tol ini juga akan mempersingkat akses masyarakat dari Bandara Kualanamu, Medan menuju Kisaran,” ujar Koentjoro, Senin (7/8/2023).

Tol ini akan dipasangi dipasang CCTV VMS (Video Management System) dengan memakai teknologi digital fiber optik untuk memberi kenyamanan dan keamanan pengendara maka. Beragam fasilitas pendukung juga akan menunjang jalan tol ini seperti 1 Junction, 2 Simpang Susun, 2 Rest Area, 2 Gerbang Tol.

“Penerapan sejumlah teknologi konstruksi berbasis digital ini tidak hanya dapat melakukan pekerjaan secara efisien dari segi biaya dan waktu, tapi output yang dihasilkan akurat dan tepat mutu,” kata Koentjoro.
Pihak Hutama Karya juga menambah jam kerja dan manpower untuk percepatan pelaksanaan pekerjaan khususnya pada Seksi 2.

“Dengan terhubungnya jalan tol ini diharapkan dapat memberikan efek multiplikasi diantaranya mendorong daya saing Provinsi Sumatera Utara melalui konektivitas jaringan jalan yang akan bertambah, dan dampak ekonomi sektor pariwisata, dan perkebunan yang akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat,” ucapnya.

Baca: Jokowi Datang, 24 Km Jalan Lingkar Penghubung di Pulau Nias Bakal Dibangun

Baca: Lintas Medan-Berastagi Kembali Telan Korban, Percepat Pembangunan Jalur Sejajar Alternatif

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang kurang lebih 1.021,5 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi.

 

Share this: