Debat Publik Calon Bupati-Wakil Bupati Karo: Ini Adalah Media Mencari Solusi

Share this:
BMG-ERIANTO PERANGIN-ANGIN
Suasana pelaksanaan debat publik Pilkada Karo sesi ke-2 di Ballroom Sinabung Hotel, Berastagi.

KARO, BENTENGTIMES.com – Sebagai bagian tahapan pilkada, KPUD Kabupaten Karo mengadakan acara debat publik sesi ke-2 Calon Bupati-Wakil Bupati Karo yang dilaksanakan di Ballroom Sinabung Hotel, Berastagi, Kabuaten Karo, Minggu (22/11/2020).

Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan pada pembukaan acara menyampaikan bahwa tahap demi tahap Pilkada Kabupaten Karo telah digelar, dan satu di antaranya adalah debat public. Dia menyampaikan bahwa debat ini merupakan salah satu media untuk mencari solusi.

BACA: Mburo Ate Tedeh: Mencari Figur Pemimpin Karo Serta Menjaga Situasi Aman Pasca Pilkada

”Salah satu tahapan pemilihan adalah debat publik. Debat ini merupakan salah satu media untuk mencari solusi, dimana para calon bupati-wakil bupati akan mengutarakan visi dan misinya, juga adu gagasan. Dengan ini, masyarakat bisa menentukan pilihannya,” ujarnya.

Debat publik ini berlangsung kondusif dan para pasangan calon (paslon) terlihat normatif dalam menjawab pertanyaan satu sama lain. Salah satu pertanyaan yang disampaikan, yakni dari paslon nomor 2 (Cuaca Bangun) kepada paslon nomor urut 3 (Iwan Depari) tentang banyaknya anak-anak yang putus sekolah, banyak yang tidak melanjutkan pendidikan tinggi, dan apa saja program dan langkah yang dilakukan atas kondisi ini?

Paslon nomor urut 3 (Iwan Depari) memaparkan bahwa terkait putus sekolah dan tidak melanjutkan pendidikan tinggi, yang perlu terlebih dahulu diketahui adalah apa masalahnya sehingga anak-anak itu putus sekolah? Kenapa tidak melanjutkan ke perguruan tinggi?

“Artinya, ada masalah di bidang ekonomi. Oleh karena itu, pertama kita akan tingkatkan perekonomian, mengembangkan kompetensi, misalnya dari bidang pertanian, memberikan pelatihan dan keterampilan,” tuturnya.

Dalam debat publik yang berlangsung hampir 3 jam ini, situasi berlangsung aman, lancar namun ada sedikit kendala, dimana para insan pers yang meliput dari area restoran merasa kewalahan karena jaringan internet yang kurang baik sehingga suara dari para paslon terputus-putus. Diharapkan, ini menjadi perhatian bagi KPUD Karo pada debat berikutnya.

BACA: Mantan Bupati Karo Jambi Tutup Usia, Ini Riwayat Penyakitnya..

Turut hadir dalam acara tersebut Komisioner KPU Provinsi Sumatera Utara Benget Silitonga, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Ketua Bawaslu Karo Eva Juliani Pandia, Komisoner Bawaslu Abraham Tarigan, Divisi Parmas dan SDM KPU Karo Dewi A Susanti Ginting, Divisi Teknis Penyelenggara Drs Lotmin Ginting, Divisi Program Data dan Info Rikardo Sitepu, Divisi Hukum Anwar Tarigan SH, Sekretaris KPU Karo A Jhon Sikumbang, Kakesbangpol Karo Tetap Ginting, seluruh paslon dan para pendukungnya, tokoh masyarakat dan pihak kepolisian.

Share this: