Sosialisasi Terkait Virus Corona di Pusat Pasar Berastagi: Tolonglah Dengarkan Apa Kata Pemerintah!

Share this:
BMG-ERIANTO PERANGIN-ANGIN

KARO, BENTENGTIMES.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Karo menggelar sosialisasi terkait virus corona di pusat pasar Berastagi, Kabupaten Karo, Rabu (15/7/2020).

“Virus corona yang sedang booming saat ini nama penyakitnya adalah Covid-19. Penyebabnya adalah corona virus,” kata Kepala Puskesmas Kecamatan Berastagi dr Rehmenda br Sembiring kepada pembeli dan pedagang.

BACA: Wakil Bupati Karo dan Ikatan Bidan Indonesia Bagikan Masker di Pusat Pasar Kabanjahe dan Berastagi

Kepada pembeli dan pedagang, dia menjelaskan sejumlah gejala penyakit dari orang yang terjangkit virus corona, yakni flu, batuk, demam tinggi, sesak nafas yang muncul setelah kontak langsung dengan orang positif terjangkit corona.

“Jadi kalau bapak ibu mengalami keluhan tersebut, bisa langsung periksa ke layanan kesehatan terdekat. Bisa ke puskesmas atau klinik,” ujarnya.

dr Rehmenda juga mengimbau agar tidak panik jika terjangkit virus corona, karena dapat dicegah dengan perilaku hidup bersih dan sehat, di antaranya dengan mencuci tangan sesuai standar medis, khususnya setelah beraktivitas di tempat umum guna mencegah penularan penyakit.

Usai sosialisasi, salah satu pengunjung bernama Rina br Tarigan (42) mengatakan bahwa apa yang dikatakan dokter tersebut sangat tepat. Dia juga mengesalkan bahwa masih banyak masyarakat yang masih membandel terkait kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan.

BACA: Masuk Berastagi, Transportasi Umum Wajib Disemprot Disinfektan

“Kadang-kadang kita masyarakat ini yang bandel. Sudah jelas-jelas ada instruksi dari petugas di gerbang sana jika mau masuk ke pusat pasar Berastagi ini wajib pakai masker, itu pun kita masih membandel. Jadi, pun sebagai masyarakat, tolonglah kita dengarkan apa kata pemerintah kita. Nanti kalau ada yang positif tiba-tiba, ketakutannya kita semua. Jadi kalau kita melakukan aktifitas di luar rumah, kita pakailah masker kita,” ujarnya.

Share this: