Terima Kasih! Sumber Mata Air Lau Bengab dari Siosar Sudah Mengalir dan Bersih

Share this:
BMG-ERIANTO PERANGIN-ANGIN
Warga Jalan Kotacane, Kelurahan Lau Cimba mengalirkan air bersih di rumahnya, setelah beberapa lama aliran air macet dan keruh.

KARO, BENTENGTIMES.com – Warga Jalan Kotacane, Kelurahan Lau Cimba, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo yang beberapa waktu lalu mengeluh karena air macet dan keruh, kini sudah bisa bernafas lega. Air dari sumber mata air Lau Bengab PDAM Tirtamalem Kabanjahe kini sudah lancar dan bersih.

BACA: Hasil Komunikasi Efektif Bupati Karo dan Bob Andika, Krisis Air Bersih Bakal Teratasi

Hal tersebut di sampaikan Kepala Lingkungan (Kepling) 3 Kelurahan Lau Cimba Perangin-angin, Selasa (14/7/2020). Dia mengatakan, warga sempat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari karena selama satu setengah bulan ini air sering macet dan keruh.

“Semoga hal ini dapat dipertahankan pihak PDAM. Karena hal ini sangat membantu kami para warga, baik dalam segi kebutuhan dan ekonomi. Apalagi di masa pandemi begini air sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihkan diri dan lingkungan agar terhindar dari penyebaran virus,” kata kepling.

Hal yang sama diungkapkan Direktur LBH DPD IPK Karo Jesaya Pulungan. Warga Jalan Kotacane Komplek Jambur Pulungan menyampaikan terima kasih karena air di daerah mereka sudah mengalir dan jernih.

Jesaya mengatakan, dengan diperbaikinya sumber mata air Lau Bengap, warga di sejumlah daerah dapat menikmati air bersih, bukan hanya di kawasan Jalan Kotacane saja. beberapa daerah yang menikmati air dari sumber mata air Lau Bengap, antara lain Kacaribu, Desa Bunuraya, Jalan Mariam Ginting Kiri, Gang Cendrawasih, Gang Bangun Purba, Gang Cipta, Gang Mariam Ginting, Jalan Sekata, Gang Kesehatan, Katepul Sebagian, Jalan Selamat Ketaren (Sanatarium), Gang Simalem, Jalan Nusa Indah, Jalan Siki.

Kemudian, Jalan Pahlawan bawah (Asrama Polisi), Gang Permai, Gang Aman, Gang Tarigan, Gang Kelinci, Gang Pengalamen, Komplek Sekolah GBKP, Komplek RSUD, Gang Nuri, Komplek Lau Bawang, Gang Karo Indah, Batalyon 125, Jalan Nabung Surbakti, Jalan Irian, Jalan Upah Tendi Atas, Jalan Muli br Sebayang, Gang Lima Merga, Gang Bersama, Jalan Bom Ginting, Jalan Wagimin dan Jalan Mumah Purba.

Sementara, Dirut PDAM Tirtamalem Kabanjahe Jonara Tarigan saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sumber mata air Lau Bengab sudah diperbaiki dan seluruh alirannya sudah lancar secara bersamaan.

BACA: PDAM Tirtanadi Akui Pelayanan Air Bersih Belum Maksimal di Berastagi

“Airnya sudah bersih dan lancer, juga sudah layak menjadi air minum. Harapan kita, saluran pipa air dari mata air dari pegunungan Siosar bisa bertahan lama, karena yang kita takutkan adalah cuaca hujan yang bisa mengakibatkan longsor di sumber mata air. Kita akan tetap berusaha mempertahankan kondisi kelancaran air ini agar warga bisa menikmati pelayanan terbaik dari kami. Pelan-pelan akan kita benahi. Harapan saya, ada kerja sama seluruh warga Kabupaten Karo,” ujar Jonara.

Share this: