Marga Sirait Pencari Korban KM Sinar Bangun Ini Ternyata Penemu AirAsia

Share this:
Boflen Sirait

SIMALUNGUN, BENTENGTIMES.com – Salah satu personel tim gabungan pencarian korban dan kapal KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba adalah Boflen Sirait.

Boflen Sirait adalah instruktur selam dari tim Batalyon Intai Amfibi (YonTaifib). Dia juga turut serta melakukan penyelaman membantu tim SAR. Boflen bersama 12 penyelam YonTaifib lainnya melakukan penyelaman di salah satu dari tiga titik penyelaman yang sudah ditentukan.

Boflen tergolong penyelam senior dan berpengalaman. Dan, Boflen ternyata menjadi salah satu orang yang bergabung dalam tim yang turut mencari bangkai pesawat AirAsia yang tenggelam di perairan Kalimantan.

(BACA: KM Sinar Bangun Karam di Kaldera Haranggaol, Wilayah Terdalam Danau Toba)

“Sudah 32 tahun di penyelaman. Sudah dari mana-mana untuk pencarian korban,” kata Boflen. Dalam pencarian kali ini, fokus pencarian tim penyelam adalah korban bukan kapal. “Bangkai kapal dipakai alat (untuk mencari),” katanya.

Dan, Boflen juga merupakan salah satu yang berduka atas tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun ini. Sebagai putera daerah ia mengaku turut merasakan duka keluarga korban. “Kita minta maaf kepada keluarga korban. Kita berusaha tapi yang Maha Kuasa belum mengizinkan,” katanya.

Saat tragedi terjadi, Boflen mengaku sedang berada di luar kota Jakarta. Ia mengaku mengetahui kejadian melalui media online. “Langsung siap-siap menerima panggilan,” kata Boflen.

(BACA: Keluarga Korban Minta Dibangunkan Tugu, Pemerintah Menyanggupi)

“Kami dipanggil untuk segera memperkuat ke sini. Dibutuhkan penyelam-penyelam lebih senior yang jam selamnya lebih tinggi,” katanya.

Boflen bahkan mengaku tidak memberi tahu penugasan ini kepada keluarganya kecuali istrinya.

“Sudah biasa (menjalankan tugas),” katanya sembari tersenyum. “Keluarga (orangtua) tinggal di Parapat. mereka gak tau kalau saya di sini,” kata Boflen usai melakukan penyelaman.

Share this: