Ziarah ke Makam Datok Landak, Djarot Berdoa Semoga Sumut Makmur dan Damai

Share this:
BMG
H Djarot Saiful Hidayat berserta keluarga, Ustad Thamrin Munthe dan rombongan, menunaikan sholat di musholla yang terletak di dekat makam Datok Landak Syekh Abu Salam di Dusun VII, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Langkat, Kamis (7/6/2018).

LANGKAT, BENTENGTIMES.com – Di sela-sela kunjungan ke Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, H Djarot Saiful Hidayat menyempatkan waktunya berziarah ke makam Datok Landak Syekh Abu Salam di Dusun VII, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kamis (7/6/2018) siang.

Kedatangan calon Gubernur Sumatera Utara Nomor Urut 2 ini disambut antusias masyarakat Timbang Lawan dan secara sukarela ikut menemani suami Happy Farida ini ikut ke makam Datuk Landak. Ikut serta ziarah ahli waris dan pengurus makam Normansyah dan Buyung Sebayang. Djarot sendiri ditemani Ustad H Thamrin Munthe.

(BACA: Djarot Ziarah dan Bersihkan Makam Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah)

Untuk menuju lokasi makam, Djarot bersama-sama dengan warga berjalan kaki menyeberangi sungai Bahorok lewat titi gantung sepanjang lebih kurang 100 meter. Cuaca terik matahari sama sekali tidak menyurutkan semangat Djarot untuk terus melangkahkan kaki menuju lokasi makam berjarak lebih kurang 1 km dari tepi jalan raya.

Baju basah akibat cucuran keringat ia abaikan. Calon Gubernur Sumut yang berpasangan dengan calon Wakil Gubernur DR Sihar PH Sitorus ini tampak enjoy menikmati perjalanan. Apalagi ikut bersamanya warga yang didominasi para ibu yang sangat mengidolakan sosoknya.

(BACA: Djarot Ziarah ke Makam Tuan Guru Syekh: Mari Kita Ambil Spirit Perjuangannya)

Sesampainya di makam, H Djarot, Ustad Thamrin dan ahli waris Normansyah, duduk bersimpuh di makam Syekh Abu Salam. Kemudian Djarot menyiramkan air bersih ke makam dan diikuti Ustad Thamrin dan ahli waris Normansyah. Setelah itu, H Djarot memanjatkan doa yang dipimpin Ustad Thamrin.

(BACA: Sihar Sitorus Ziarah ke Makam Mantan Walikota Siantar, Istri Hulman: Lanjutkan Cita-cita Udamu)

Kemudian, H Djarot bersama-sama dengan Ustad Thamrin Munthe, Plt Ketua DPRD Langkat Ralin Sinulingga dan rekan wartawan yang ikut berziarah, yakni Harizal dari Metro TV, Baginda Gorby Siregar dari Tribun, Ega fotografer Waspada Online, menunaikan Sholat Dzuhur berjamaah di mushola yang ada di area Makam Datuk Landak.

H Djarot Saiful Hidayat berserta keluarga, Ustad Thamrin Munthe dan rombongan, berziarah dan berdoa di makam Datok Landak Syekh Abu Salam di Dusun VII, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Langkat, Kamis (7/6/2018).

H Djarot menyampaikan bahwa kewajiban baginya untuk berziarah dan berdoa di setiap makam leluhur, pemuka agama dan para tetua adat yang ada di wilayah masing-masing. Dengan harapan agar Sumatera Utara oleh Allah SWT, diberikan kemakmuran, kedamaian, toleransi yang tinggi.

“Jadi, berziarah sekaligus mengingatkan bahwa kita ada karena jasa-jasa datuk-datuk kita, karena leluhur,” ujarnya.

(BACA: Djarot Ziarah ke Makam Kiras Bangun di Kaki Gunung Sinabung)

Pengurus makam Normansyah mengungkapkan sekilas tentang sosok mendiang Syekh Abu Salam. “Kalau kami memanggilnya Datuk Landak,” ujarnya.

Tapi sebetulnya, masih kata Nurmansyah, dulu Syekh Abu Salam disapa Datuk Kehendak, karena apapun yang dia kehendaki dulu, Insya Allah selalu terkabul.

Sosok Datuk Landak semasa hidupnya adalah orang sakti tapi baik hati dan taat beragama. Kepada Djarot, Nurmansyah berharap kelak memimpin Sumatera Utara agar tetap rendah hati dan melayani masyarakat dengan ikhlas.

(BACA: Djarot-Sihar Ziarahi Makam Bung Karno)

“Saya sendiri sebenarnya terkejut karena tidak menyangka Pak Djarot bisa datang kemari. Selama ini kita kan cuma lihat di televisi,” ujarnya.

“Dan, mudah-mudahan kita berdoa, semoga doa dan harapan Djarot terkabul,” ujarnya mengakhiri.

Share this: